Puluhan Pengungsi Rohingya Kabur dari Penampungan, Kesbangpol Pekanbaru Bertindak

Kampartrapost.com – Diketahui sebanyak 26 pengungsi Rohingya melarikan diri dari penampungan yang bertempat di Jalan Cipta Sari, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Puluhan pengungsi yang terdiri dari 11 wanita dan 15 pria itu dikabarkan kabur pada Selasa (24/5/2022) malam.

Warga etnis Indo-Arya tersebut merupakan pengungsi yang beberapa waktu lalu berangkat dari Provinsi Aceh.

Menanggapi kabar buruk mengenai kaburnya puluhan pengungsi asal Myanmar di Provinsi Riau itu, Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengungkapkan, pengamanan bagi warga yang masih berada di tempat pengungsian akan ditingkatkan.

“Tentu pengamanan dan pengawasan di akomodasi tempat penampungan akan ditingkatkan,” ungkap Zulfahmi, Kamis (26/5/2022), dilansir dari Riau Aktual.

BACA JUGA: Emmeril, Anak Sulung Ridwan Kamil Dikabarkan Hilang Terbawa Arus di Sungai Swiss

Dikatakan pula Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru akan berkoordinasi dengan Satgas Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) Pusat.

Kedua pihak itu akan bekerja sama untuk menangani permasalahan pengungsi Rohingya yang kabur dari pengungsian di Pekanbaru tersebut.

Lebih lanjut, Zulfahmi mengimbau bagi masyarakat yang melihat pengungsi di lingkungan sekitar, untuk dapat langsung melapor ke Kesbangpol.

Masyarakat juga dapat memberikan informasi terkait kepada aparat wilayah terdekat, agar penanganan selanjutnya dapat segera dilakukan.

Disampaikan bahwa pihak berwajib masih terus berupaya untuk melakukan pencarian pada puluhan pengungsi yang melarikan diri.

BACA JUGA: Kak Seto Ungkap Homeschooling dapat Dijadikan Solusi Permasalahan Anak-Anak

Pencarian akan dilakukan di setiap sudut Kota Pekanbaru, sehingga kemungkinan penemuan pengungsi yang tersebar itu lebih terbuka lebar.

Menanggapi pemberitaan kaburnya para pengugsi Rohingya di Pekanbaru, sejumlah pengguna internet memberikan tanggapan.

“Ada tu sore-sore di PCR rumbai,” ujar seorang netizen.

“Wihh deket rumah gue bang,” ungkap netizen lainnya.

“Apa kira-kira faktor mereka bisa kabur? Apakah mereka diperhatikan,” netizen lain menambahkan.

 

 

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler