Global Statistics

All countries
649,677,375
Confirmed
Updated on 4 December 2022 4:14 AM
All countries
624,774,599
Recovered
Updated on 4 December 2022 4:14 AM
All countries
6,645,773
Deaths
Updated on 4 December 2022 4:14 AM
Minggu, Desember 4, 2022

Resep Nugget Tempe, Simpel dan Nggak Makan Waktu

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Tempe adalah makanan khas Indonesia yang mudah dijumpai dimana saja. Makanan dengan bahan dasar kedelai ini biasanya diolah dengan cara kita goreng atau memasukkannya sebagai tumisan. Tapi sahabat kampartra bisa nih, mengolah tempe dengan cara yang berbeda, yaitu mengolah tempe menjadi nugget.

Baca juga: Pentingnya Memakai Sunscreen di Indonesia yang Selalu Berasa Tropis

Membuatnya juga tidak sulit dan memakan waktu. Hanya saja, terkadang karena dasar tempe yang tidak terlalu halus, tempe akan kita olah menjadi nugget ini jadi memiliki tekstur agak kasar dan kurang padat. Jadi gimana sih untuk membuat nugget tempe yang benar, agar teksturnya bisa lembut dan juga menghasilkan rasa yang nikmat? Sebelum masuk ke cara pembuatan, siapkan dulu ya bahan-bahannya, yaitu:

Bahan Adonan:

  1. 350 gram tempe
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdt lada bubuk
  5. 1/2 sdm kaldu bubuk
  6. 150 gram wortel, diparut
  7. 1 batang daun bawang, lalu iris
  8. 3 sdm tepung terigu

Selain adonan, siapkan juga bahan pencelupnya.

Bahan Pencelup:

  1. 3 butir telur ayam
  2. 150 gram tepung terigu
  3. 200 gram tepung panir

Cara Membuat:

  1. Pertama, potong tempe menjadi beberapa bagian lalu haluskan bersama wortel. Untuk mendapatkan tekstur lembut, tempe dan wortel yang sudah tercampur dapat ditekan-tekan atau ditumbuk dengan sendok juga ulekan.
  2. Selanjutnya haluskan bawang putih lalu campur dengan adonan tempe dan wortel tadi. Setelah itu masukkan irisan daun bawang, telur ayam, garam, terigu, lada, garam, dan kaldu bubuk, lalu aduk.
  3. Langkah ketiga adalah mengukus adonan. Siapkan loyang atau wadah, olesi dengan sedikit minyak atau mentega, lalu taruh adonan diatasnya dan padatkan. Kukus adonan kurang lebih selama tiga puluh menit. Setelah selesai dikukus, adonan jangan dipotong terlebih dahulu ya, karena dengan suhu yang masih panas adonan jadi akan mudah hancur. Tunggu hingga dingin, baru potong adonan menjadi beberapa bagian.
  4. Terakhir, balut potongan adonan dengan campuran telur yang sudah dikocok dan tepung parnir, lalu simpan adonan di dalam freezer semalaman.
- Advertisement -

Itu dia kiat membuat nugget tempe yang simpel dan tidak memakan banyak waktu. Nugget tempe juga bisa menjadi stok lauk di rumah, terutama bagi ibu bekerja yang mau olahan sehat namun tetap simpel untuk anak. Jika ingin mengonsumsi nugget tinggal kita goreng saja dalam minyak panas. Selamat mencoba di rumah, sahabat Kampartra.

Baca juga: Berprestasi! Katong Papua Bakal Unjuk Gigi di Acara Ini

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait