Resmi dikukuhkan, IKA FAPERTA UNRI: Siap bersinergi dan peduli untuk bangun negeri

Pekanbaru, Kampartrapost.com – Setelah melalui proses yang cukup panjang. Akhirnya IKA Fakultas Pertanian Universitas Riau periode 2022 – 2026 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan pengurus berlangsung pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 di Ballroom Grand Central hotel Pekanbaru. Sebelumnya pada Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian UNRI menunjuk Yudi Adrian, SP, MP., sebagai ketua umum IKA Fakultas Pertanian UNRI.

Kegiatan pengukuhan ini berlangsung secara Hybird yang dihadiri oleh Alumni dari 8 Jurusan, Mahasiswa yang di wakilkan oleh organisasi fakultas dan beberapa tamu undangan dari kalangan pengusaha peneliti, pejabat pemerintahan, perwakilan perusahaan dan juga perwakilan pengurus IKA masing-masing fakultas di universitas Riau.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Suhu Wan selaku Ketua Umum Pengurus Pusat IKA UNRI dan dilanjutkan dengan sambutan. Dalam sambutannya ketua IKA Universitas Riau menyambut langkah baik ini, dan diharapkan beberapa fakultas lain segera menyelesaikan pemilihan pengurus Ikatan Keluarga Alumni masing-masing fakultas lainnya yang belum atau masih dalam proses.

Ketua IKA Universitas Riau yang juga merupakan pengusaha nasional ini berharap, IKA Fakultas Pertanian dapat memberikan kontribusi yang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama dalam sektor pertania, mengingat Riau sebagai daerah perkebunan dan pertanian.

Setelah dilantik Ketua IKA Fakultas Pertanian UNRI Yudi Adrian, SP, MP menyampaikan bahwa IKA FAPERTA UNRI sebagai salah satu langkah mengeratkan silaturrahmi antar Alumni Fakultas pertanian dan juga menjadi realisator Agent Of Change.

“Harapannya kedepan akan disusun rencana kerja yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui acara pengukuhan ini diharapkan menjadi momentum mewujudkan peran serta Sarjana Pertanian khususnya Universitas Riau dalam mendukung pembangunan baik nasional maupun daerah Riau.”

“Karena tidak dapat dipungkiri sektor pertanian menjadi salah satu sektor andalan khususnya di Provinsi Riau. Salah satunya adalah keberadaan kebun kelapa sawit di Provinsi Riau yang merupakan salah satu terluas di Indonesia.” lanjut Yudi.

“Selain itu, sektor pertanian lain yang patut untuk menjadi perhatian dan menjadi andalan Riau adalah kelapa dan sagu. Menurut data International Coconut Community (ICC), luas perkebunan kelapa di Provinsi Riau merupakan yang terluas di dunia.”

“Namun saat ini kondisi perkebunan kelapa patut menjadi perhatian kita, karena terdapat berbagai kendala yang dihadapi. Oleh sebab itu, peran serta Sarjana Pertanian khususnya di Provinsi Riau menjadi strategis, khususnya dalam membantu pemerintah dalam pembangunan sektor pertanian,” tambahnya.

Lanjut Yudi, berdasarkan data yang kami miliki, keberadaan alumni Fakultas Pertanian Universitas Riau sudah masuk pada sektor yang beragam khususnya sektor pertanian secara luas termasuk sektor perikanan dan kehutanan.”

“Oleh sebab itu, melalui Ikatan Keluarga ini kita akan rangkul semua alumni tersebut. Ketua Umum IKA FAPERTA UNRI Yudi Adrian, SP, MP menyampaikan terima kasih yang luar biasa kepada Ketua Panitia Pelaksana Alfa Frisa Septania, SP. serta kepada panitia yang terdiri dari alumni dan perwakilan mahasiswa dari BEM FAPERTA UNRI yang sudah berjuang untuk menyukseskan kegiatan pengukuhan ini.”

Lebih lanjut Alfa Frisa Septania, SP, menyampaikan pengukuhan yang mengusung Tema Sinergi Peduli Bangun Negeri ini diikuti oleh alumni yang saat ini berada di luar Kota Pekanbaru juga secara daring.

Harapannya adalah alumni yang tidak bisa hadir langsung, juga dapat mengikuti proses kegiatan ini. Selain Pengurus Pusat IKA Unri turut hadir perwakilan Universitas Riau, Dekan FAPERTA dan civitas akademika lainnya, Kepala dinas Pangan, tanaman pangan Riau yang diwakili sekretaris, Rektor Unri yang diwakili wakil rektor III, termasuk lembaga kemahasiswaan dan mahasiswa se-FAPERTA Unri.

Kegiatan pengukuhan ini diteruskan dengan Talkshow 1 Jam lebih dekat dengan alumni serta membahas isu terkait pertanian seperti kelapa sawit yang di moderatori oleh Gubernur BEM FAPERTA UNRI.

Talkshow ini menghadirkan beberapa narasumber yang merupakan alumni seperti Dr. Parlin Halomoan Sinaga, SP.,MP.  sebagai peneliti di BPTP Prov Riau (proses alih ke BRIN), Dr. Roberdi, SP., M.Si sebagai Specialist group Head Biotecnology PT. Smart Tbk, dan juga Dr. Gulat MEManurng., MP., C.APO, C.IMA sebagai pengusaha dan juga Ketua DPP APKASINDO.

Selain itu kegiatan pengukuhan ini juga dilakukan penyerahan bantuan gazebo untuk Fakultas Pertanian yang diharapkan akan bermanfaat oleh adik-adik mahasiswa dan juga menandai langkah awal IKA FAPERTA UNRI untuk mendukung perkembangan kampus dan ditutup dengan Penanda tanganan Mou dengan APKASINDO dan PT. Sarana Pangan Madani (PT. SPM) yang diharapkan ke depan terwujud beberapa program kerja kolaborasi bersama dengan IKA FAPERTA UNRI.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler