Resmi, Jaringan 5G Hadir di Indonesia dengan Telkomsel Sebagai Operator Pertama

NASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memberi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G kepada operator seluler Telkomsel. Peresmian dilakukan di Kantor Kominfo, Senin (24/5/2021). Dengan surat tersebut, Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G.

“Seiring penyerahan SKLO hari ini, PT Telkomsel akan menjadi penyelenggara jaringan 5G pertama di Indonesia,” kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate dalam konferensi pers Senin (24/5/2021) kemarin.

Baca juga: Turki Menyampaikan Peluang Ditemukannya Cadangan Gas Alam Baru di Laut Hitam

Menkominfo menambahkan, layanan 5G Telkomsel bisa mulai digunakan pada 27 Mei 2021 mendatang secara terbatas, dan bertahap di 6 lokasi resedensial di Jabodetabek. Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul.

Telkomsel dalam penggunaan 5G akan menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1.800 MHz untuk control panel.

Sebagai teknologi baru, Johnny G. Plate mengharapkan teknologi 5G tentunya akan semakin mendorong kemajuan sector digital di Indenesia.

Baca juga: 14 orang meninggal dunia akibat kecelakaan kereta gantung di Italia Utara

“Melalui layanan yang lebih cepat dan kapasitas jaringan yang lebih besar serta andal, teknologi 5G akan membuka potensi layanan tidak hanya untuk komunikasi antar manusia, tetapi juga mengintegrasikan jaringan manusia dengan mesin dan juga jejaring komunikasi machine-tomachine,” tutur Menkominfo.

“Dengan diterimanya SKLO ini menandakan bahwa Telkomsel semakin dekat dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang komperehensif melalui penyediaan dan penyelenggaraan jaringan dan layanan 5G”, ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Baca juga: Menakar Kekuatan Brigade Al-Qassam, Sayap Militer Hamas di Gaza

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler