Saingi Facebook dan Twitter, Google Kembangkan Fitur ‘Big Moments’

Amerika Serikat, Kampartrapost.com – Perusahaan Amerika Serikat, Google kini tengah mengembangkan fitur terbarunya ‘Big Moments’ yang bertujuan untuk menyaingi rivalnya, Facebook dan Twitter.

Melansir USAToday, Google telah mengamati jika pandemi covid-10 memaksa mesin pencari untuk lebih update lagi. Hal ini agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi baru dan penting.

Mengutip studi Reuters dan Oxford, menunjukkan bahwa banyak orang yang tidak percaya akan berita yang bersumber dari media sosial. Namun, beberapa riset menunjukkan jika sebagian besar orang mencari berita di Twitter dan Facebook.

Baca juga: Bakal Telan Bumi, Bagaimana Jika Matahari Mencapai Batas Umurnya?

Penelitian menunjukkan sekitar 40 persen responden menunjukkan jika mereka khawatir akan keakuratan informasi dari media sosial. Sedangkan kekhawatiran mereka kepada mesin pencarian Google hanya 10 persen.

Berdasarkan penelitian Institut Pew Research, pandemi telah meningkatkan konsumsi berita serta pengguna media sosial. Sebanyak 31 persen orang dewasa di AS mendapatkan berita dari Facebook dan sebagiannya lagi menggunakan Twitter.

Dengan tujuan menyaingi fitur-fitur Facebook dan Twitter, Google mengembangkan fitur Big Moments  untuk menyoroti informasi penting tentang berita terkini secara real-time.

Melansir SEJ, mereka melaporkan bahwa Big Moments telah di kembangkan selama lebih dari setahun dan bertujuan untuk mengatasi kekurangan Google dengan kurasi berita.

Pengerjaan proyek ini bermula setelah karyawan di Google mengungkapkan rasa frustrasinya terkait kurangnya informasi yang tepat waktu dan berguna tentang berita terkini.

Baca juga: Universitas di AS Buat Aplikasi Pelacak Kontak Covid-19

Big Moments akan memberikan konteks historis tentang peristiwa jika memungkinkan, dan melampaui apa yang biasanya Google tampilkan dalam hasil penelusuran untuk berita.

Dengan Big Moments, Google semakin dekat untuk membuat jenis keputusan editorial yang harus dibuat oleh publikasi berita setiap hari.

Seorang juru bicara Google memberi tahu The Information bahwa Big Moments telah di uji dalam hasil pencarian langsung.

Masih belum jelas kapan fitur tersebut akan diluncurkan dan dalam bentuk apa. Google berencana untuk melakukan lebih banyak pengujian dan evaluasi sebelum waktunya tiba.

Baca juga: Anak-Anak ISIS: ‘Ini adalah bencana yang tak bisa kita tangani’

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler