Sambut Hari Buruh Internasional, Jokowi: Para Pekerja Menggerakkan Ekonomi dan Dunia Usaha

NASIONAL, KAMPARTRAPOST.COM – Melalui akun media sosialnya, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada hari Sabtu (01/05/2021).

Dikutip dari laman akun Twitter nya, Jokowi menekankan bahwa Hari Buruh Internasional bukan semata-mata hanya memperingati momentum di masa lalu, namun hari tersebut diperingati untuk menghormati karya dan ketekunan para pekerja yang tanpanya ekonomi dan dunia usaha tidak akan bergerak.

Baca juga: 80 Rumah di Pangkalan Koto Baru Terendam Banjir

Unggahan tersebut juga dibarengi dengan sebuah ilustrasi yang menggambarkan para pekerja dari berbagai sektor.

Dalam Ilustrasi tersebut, terdapat juga ikon penggerak mesin yang melambangkan para buruh adalah mesin penggerak ekonomi bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan “para buruh adalah aset besar bangsa kita”. 

Untuk kita ketahui bersama, Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May Day jatuh setiap tanggal 1 Mei. Hari besar bagi para buruh ini bermula dari aksi unjuk rasa yang dilakukan serikat buruh di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886. Demonstrasi berskala besar yang dilakukan kelompok buruh itu menuntut diterapkannya sistem 8 jam kerja per-harinya.

Di masa itu, para pemilik pabrik atau majikan besar masih menuntut para buruh untuk bekerja selama 16 jam per-harinya. Dengan keadaan ini, maka wajar saja para buruh menuntut sistem kerja yang lebih memperhatikan kondisi mereka.

Baca juga: May Day, Buruh Demo Tagih THR hingga Minta Cabut UU Ciptaker

Protes besar-besaran itu juga disertai dengan aksi mogok kerja secara massal oleh lebih kurang 100 ribu buruh. Unjuk rasa ini berlangsung selama berhari-hari. Hingga tanggal 4 Mei 1886 malam, sejumlah aktivis buruh masih terus menyampaikan orasi bergantian di alun-alun Haymarket di Chicago.

Kejadian besar inilah yang menjadi tiitk mula diadakannya hari Buruh Internasional.

Selamat Hari Buruh Internasional para pembaca Kampartra Post!

Berita Direkomendasikan

3 KOMENTAR

  1. I have not checked in here for some time since I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I?¦ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler