Say No To Nervous! Berikut Tips Buat Kamu yang Suka Gugup

Kampartrapost.com – Gugup adalah perasaan tidak tenang yang seseorang rasakan pada situasi tertentu. Rasa seperti itu sangat wajar bagi manusia, mulai dari anak kecil hingga insan dewasa.

Rasa gugup biasa muncul karena diri tidak siap dengan apa yang ada di depan mata. Seperti mulai merasa tak tenang saat hendak presentasi, tampil di depan umum, atau bertemu dengan orang lain.

Meski wajar, rasa gugup harus mulai pelan-pelan diatasi dengan baik, agar kamu jadi pribadi yang lebih percaya diri.

Rasa gelisah seperti gugup tak akan hinggap pada diri orang yang punya rasa percaya diri tinggi dan yakin dengan apa yang mereka punya.

Baca juga: Pentingkah bagi Anak Muda Mempelajari Peristiwa G3OSPKI? Berikut Pendapat Ahli

Berikut tips ampuh yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa gugup:

  1. Paham dengan Materi

Bagi kamu yang hendak tampil di depan banyak orang dengan tujuan mempresentasikan suatu materi atau bahan, akan wajar jika rasa gugup datang. Bisa karena tatapan orang di hadapan, atau bisa juga karena kurang paham dengan materi yang akan kamu bawa.

Untuk itu agar tak ada rasa gelisah dalam hati, kamu dapat mulai belajar dan resap betul materi yang jadi bahan presetasi agar rasa percaya diri naik, sehingga rasa gugup akan pantang datang.

2. Berlatih

Practice makes perfect, salah satu pepatah yang harus kamu pegang agar terhindar dari rasa gugup. Materi yang sempurna tak akan bisa sesuai dan kamu hafal jika tak kunjung latihan.

Baca juga: Tak Lagi Dapat Gunakan WhatsApp, Berikut Daftar Ponsel yang Masuk Kategori

Latihan jadi langkah penting agar materi atau sesuatu yang akan kamu bawa atau sampaikan pada orang lain jadi lebih jelas, serta diri jadi siap dengan semua bahan yang ada.

3. Berpikir Positif

Buat kamu yang suka overthinking, mulai sekarang ayo hempas kebiasaan itu. Dengan berpikir positif perasaan seseorang akan jadi lebih lega dan tenang, sehingga akan dengan mudah pula menyalurkan apa yang mau disampaikan.

Dengan Pikiran yang hanya muat hal-hal baik, maka akan jadi langkah yang tepat pula untuk basmi rasa gugup dalam diri.

4. Berdoa

Setelah semua kiat dilakukan, jangan lupa bahwa sentuhan terakhir adalah kehendak Yang Diatas.

Baca juga: Resmi, F1 Gelar GP Qatar 2021

Kamu harus yakin dengan segala upaya yang ada, setelah itu serahkan semuanya kepada Tuhan. Langkah ini juga bisa jadi pelega batin, agar rasa gugup tak lagi mampir.

Itu dia beberapa kiat yang bisa Sobat Kampartra terapkan ketika mulai merasa gugup. Ayo jadi pribadi yang lebih percaya diri, dan basmi rasa gugup dalam hati!

Berita Direkomendasikan

4 KOMENTAR

  1. There are some interesting time limits in this article however I don’t know if I see all of them middle to heart. There may be some validity however I will take hold opinion till I look into it further. Good article , thanks and we wish more! Added to FeedBurner as properly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler