Serang RS Bersalin Anak di Mariupol, Rusia Sebabkan 17 Orang Terluka

Ukraina, Kampartrapost.com – Pada Rabu (10/03/2022) Rusia menyerang melalui udara ke sebuah rumah sakit bersalin anak di kota Mariupol, Ukraina. Setidaknya 17 orang terluka dalam serangan ini.

“Serangan ini menyebabkan 17 petugas rumah sakit terluka,” kata Pavlo Kyrylenko, kepala wilayah Donetsk tenggara, mengutip AFP.

Namun sampai saat ini masih belum ada laporan adanya anak-anak yang terluka maupun adanya kematian.

Baca juga: Rusia Diboikot oleh FIFA dan UEFA dari Semua Kompetisi Sepak Bola Internasional

Dalam sebuah unggahan melalui akun twitternya, presiden Volodymyr Zelensky menunjukkan video kehancuran di kompleks rumah sakit.

Dalam video tersebut menunjukkan kehancuran rumah sakit yang sangat parah. Jendela dan dinding yang retak dan pecah. Dan juga barang-barang di rumah sakit yang hancur.

“Serangan langsung pasukan rusia pada rumah sakit bersalin” cuit Zelensky melalui akun Twitternya.

Ia juga menambahkan jika rumah sakit ini ialah tempat anak-anak dan orang-orang. Ia juga mengatakan jika ini adalah sebuah kekejaman.

Baca juga: Lakukan Serangan Siber, AS dan Inggris Tuduh Rusia Targetkan Ukraina

Melansir AFP, serangan ini berlangsung ketika ada beberapa wanita yang melahirkan di rumah sakit yang baru saja di renovasi.

Bersamaan dengan itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan perang dengan Rusia menyebabkan adanya krisis kesehatan di Ukraina. Setidaknya Rusia telah melakukan 18 serangan terhadap fasilitas kesehatan.

Serangan tersebut juga telah merusak ambulan dan menyebabkan beberapa petugas kesehatan terluka. Setidaknya terhitung 10 kematian dan 16 orang terluka.

Selain itu PBB juga mengecam tindakan Rusia itu. Menurut PBB, fasilitas kesehatan maupun rumah sakit tidak boleh menjadi target penyerangan.

“WHO telah menyerukan agar menghentikan serangan terhadap layanan kesehatan, rumah sakit, petugas kesehatan, dan ambulans,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric, mengutip CNN.

Baca juga: Ziarah ke Hagia Shopia Grand Mosque di Istanbul, Turki

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler