SMAN 1 Salo Gelar Silaturrahmi Sambut Ramadhan

Kampartrapost.com – SMAN 1 Salo gelar silaturrahmi dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Rabu (30/3).

Acara tersebut berlangsung di ruang majelis guru SMAN 1 Salo dengan berbagai kegiatan seperti makan bersama dan tausiyah oleh Ustad Syamsuatir.

SMAN 1 Salo Gelar Silaturrahmi Sambut Ramadhan

Dalam tausiyahnya Ustad Syamsuatir menyampaikan banyak hal terkait persiapan memasuki bulan Ramadhan.

Ia menyampaikan betapa pentingnya untuk meminta maaf dengan orang-orang sekitar. Terutama kepada orang tua, suami/istri, dan tetangga.

BACA JUGA: Ramadhan Semakin Dekat, Satgas Covid-19: Tidak Usah Berbicara saat Buka Puasa Bersama

“Segera meminta maaf bagi yang masih memiliki orang tua. Kunjungi mereka dan ungkapkan semua rasa kita memohon maaf lahir dan bathin kepada beliau.”

“Jika orang tua telah meninggal, kunjungi, ziarahi makamnya dan berdoalah selalu untuk mereka, agar dilapangkan kubur dan dijauhi dari azab api neraka.”

“Berbuat baiklah, dan bersedekahlah, niatkan juga pahala sedekah kita untuk beliau. Karena doa yang akan sampai adalah doa dari anak yang shaleh serta sedekah jariyah,” kata Ustad Syamsuatir di depan para guru.

“Meminta maaf pada suami atau istri. Karena sangat banyak kesalahan yang kita lakukan baik yang dilakukan dengan sengaja atau tanpa sengaja.”

“Meminta maaf lah kepada tetangga, karena tetangga adalah keluarga terdekat kita. Tidak akan diterima ibadah puasa kita kalau masih ada noda hitam di hati kita. Sucikan hati dan pikiran,” tambahnya.

BACA JUGA: Berikut Aturan Jualan Takjil di Bangkinang Selama Ramadhan

Kemudian ia juga menyampaikan agar menjauhi sifat-sifat yang Allah benci seperti rasa sombong, menganggap rendah orang lain, hasad, iri dan dengki.

Karena sifat-sifat tersebut dapat menggugurkan amal ibadah atau hanya bernilai sia-sia.

Setelah itu ia juga mengingatkan untuk jauhi sifat-sifat syirik seperti menyimpan jimat, dan mengobati seseorang dengan cara syirik. Karena syirik merupakan dosa besar.

Pada akhir tausiah Al Ustad Syamsuatir memimpin doa dan acara berlanjut dengan makan bersama serta bersalaman untuk saling memaafkan.(si)

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler