Sulitnya jadi People Pleaser, Antara Kelewat Baik atau Nggak Enakan

Kampartrapost.com – Apakah kamu tipe orang yang suka nggak enakan untuk tolak sesuatu dari orang lain, atau sulit menolak jika orang lain minta tolong seusuatu yang sulit?

Jika iya, maka kamu adalah salah satu bagian dari people pleaser.

People pleaser adalah istilah yang disematkan pada orang yang selalu berusaha menyenangkan hati orang lain, meski dirinya sendiri alami kesulitan.

People pleaser biasa orang lain anggap  sebagai pribadi yang baik.

Baca juga: Saling Support, Wapres Ma’ruf Amin Imbau Pelaku Usaha untuk Jalin Kemitraan

Namun tahukah kamu, jadi people pleaser tenyata bisa jadi sesuatu yang toxic?

Dengan sifat yang tak ingin buat orang sekitar kecewa, people pleaser cenderung beri segala upaya agar hal itu tak terjadi.

Meski harus mengorbankan perasaannya, ia akan secara terus-terusan membantu orang lain meski kadang hal yang orang minta itu tak sesuai dengan dirinya.

Orang jenis ini juga biasanya butuh pujian dari orang lain, agar diri merasa berharga.

Baca juga: Lantaran Tak Diberi Uang, Seorang Anak di Surakarta Tega Aniaya Ibu Sendiri

Hal itu tentu jadi sesuatu yang harus hilang pada pribadi kita, karena rasa bahagia sendiri adalah dari dan untuk diri sendiri.

Seorang people pleaser juga kerap tak mampu untuk mendeteksi rasa yang ia punya, karena selalu berpatok pada perasaan orang lain.

Untuk kamu yang sedang ada di posisi ini, sebaiknya berhenti dari segala bentuk aktifitas people pleaser yang buat rugi diri sendiri.

Tak ada salahnya jadi orang baik dengan membantu siapa yang membutuhkan. Namun jika hal itu tak sesuai dengan diri, maka dengan tegas kamu harus dapat tolak hal tersebut.

Baca juga: Begini Strategi Pemerintah Tangkal Gelombang Ketiga COVID-19

Jangan juga pernah berharap akan pujian orang lain agar merasa diri menjadi berharga. Hal itu tak akan bertahan selamanya.

Dengan ada atau tidaknya pujian, tiap diri kita adalah pribadi yang berharga selama masih melakukan hal baik dalam hidup.

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler