Suryani Isnoel, Guru Inspiratif asal Kampar yang Mendedikasikan Pendidikan Lewat Karya Buku

Kampartrapost.com – Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari Kamis (25/10/2021) menjadi momen yang patut dirayakan tak hanya bagi tenaga pendidik di instansi seperti sekolah saja, namun semua pengajar yang berdedikasi demi kemajuan dan kecerdasan bangsa di seluruh Indonesia.

Meskipun bukan perayaan mewah yang harus dilakukan, seorang guru sejatinya merupakan kunci sukses untuk kemajuan negeri yang harus diapresiasi setiap hari.

Suryani Isnoel, seorang guru biologi SMA Negeri 1 Salo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau membagikan pengalaman, pesan, serta suka duka menjadi seorang guru.

Suryani Isnoel, Guru Inspiratif asal Kampar yang Mendedikasikan Pendidikan Lewat Karya Buku
Guru-guru SMAN 1 Salo

Wanita kelahiran 1974 itu mengatakan peran guru sangatlah penting untuk peradaban serta pembangunan nasional bangsa Indonesia.

Baca juga: Polda Metro Jaya Siapkan Ribuan Personel Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru

“Guru merupakan suluh hari depan, guru adalah tenaga pendidik yang akan menghasilkan anak didik berkualitas. Peran guru sangatlah penting untuk peradaban bangsa,” kata Suryani pada Rabu (24/10/2021), saat dihubungi via WhatsApp.

Ia juga mengatakan bahwa Guru akan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas tak hanya bagi masa depan murid saja, namun juga keluarga, masyarakat, bangsa, serta negara.

Di zaman sekarang yang mana teknologi sudah semakin maju, Suryani mengatakan bahwa guru tidak boleh santai dan mesti siap belajar dan mengajar.

Sebagai tenaga pendidik, guru harus punya inovasi agar pola pengajaran menjadi menarik dan juga sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.

Baca juga: Komplotan Copet Asal Jakarta Berencana Gandeng Sindikat Luar Negeri untuk Beraksi di MotoGP 2022

Guru Biologi yang menamatkan bangku kuliah dari IKIP Padang (sekarang bernama Universitas Negeri Padang) itu juga mengungkapkan bahwa generasi milenial haus akan informasi.

Untuk itu apabila seorang guru tidak menyajikan informasi yang dianggap relevan, maka bisa saja pencarian informasi dilakukan sendiri.

Tak hanya sebagai guru, Suryani juga merupakan seorang penulis buku. Karya tulisnya sudah dicetak dengan total 26 buah karya.

Suryani Isnoel, Guru Inspiratif asal Kampar yang Mendedikasikan Pendidikan Lewat Karya Buku

18 diantaranya adalah buah buku antologi, dan selebihnya buku tunggal. Ia menulis buku yang ditujukan untuk menambah khazanah ilmu motivasi.

Baca juga: Epidemiolog Kritik Penerapan PPKM Level 3 se-RI Saat Libur Nataru

Yang mana ditujukan kepada guru dalam mendidik, terlebih di zaman pandemi seperti sekarang.

Terakhir, Suryani menyampaikan pesan menyentuh untuk seluruh guru di Indonesia dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional 2021.

“Bapak ibu guru, teruslah bergerak dengan penuh semangat dan keikhlasan. Jangan pernah bosan untuk mendidik siswa-siswinya,” ungkap Suryani.

Ia menyampaikan bahwa guru harus tetap membimbing dan mendidik anak murid yang memiliki beragam karakter berbeda satu sama lain.

Mental seorang guru memang akan selalu diuji, untuk itu janganlah cepat emosi dalam mendidik. (ash)

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler