Tabrani Rab Tokoh Bersejarah Riau Meninggal Dunia

Bangkinang Kota, Kampartrapost.com – Profesor Riau Merdeka dan juga pendiri Universitas Abdurab Riau, Tabrani Rab meninggal dunia pada Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 19.46 WIB.

Informasi duka tersebut diperoleh langsung dari anak beliau Susiana Tabrani melalui dinding Facebooknya.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Innalillahi Wa’innai ilaihirajiun, telah berpulang ke rahmatullah Prof. Dr. dr. Tabrani Rab, Sp.P pada pukul 19.46 WIB di rumah sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru,” tulis anaknya mengutip Suarariau.co.id.

“Semoga arwahnya diterima dan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah swt. Diterima segala amal ibadahnya, diampunkan segala dosanya, dihindarkan dari azab kuburnya laksana taman syurga dan dimasukkan ke dalam syurga firdaus. Aamiin Ya Robbal Alamin,” tambahnya.

Almarhum Tabrani Rab dalam beberapa waktu terakhir tak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari karena menderita sakit komplikasi.

BACA JUGA: Kampar Dapat Pujian Sebagai Daerah Beradat dan Agamis oleh Menteri PDTT RI

Rencananya jenazah Tabrani Rab akan disemayamkan di Tabrani Center Schoolm Jalan Bakti, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru pada Senin (15/8).

“Habis Zuhur disalatkan di Masjid Tabrani Center School. Dikebumikan di sana juga sudah ada kompleks nya,” terang Susiana.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan rasa duka mendalamnya karena kehilangan tokoh bersejarah Riau.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya tokoh Riau, almarhum Tabrani Rab,” kata Syamsuar.

Ini merupakan duka mendalam bagi masyarakat Riau.

Syamsuar berharap almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah swt dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

BACA JUGA: Berminat Melakukan Investasi di Kampar, Kamsol Jelaskan Potensi Kampar ke Malaysia

“Tentu saja ini duka cita bagi seluruh masyarakat Riau, karena begitu besar perhatian almarhum terhadap Riau semasa hidupnya,” tambahnya.

Terakhir, Syamsuar sangat mengapresiasi pencapaian-pencapaian almarhum Tabrani Rab dalam memperjuangkan Riau pada masanya.

“Kita tidak akan pernah melupakan perjuangan almarhum semasa hidup. Banyak hal yang disuarakan almarhum, terutama menyangkut nasib masyarakat Riau yang hidup di tengah sumber daya alam yang melimpah. Namun, tidak mendapatkan perhatian yang layak dan berkeadilan. Inilah yang sering disampaikan almarhum,” ungkap Syamsuar.

Tabrani Rab merupakan tokoh bersejarah Riau di awal reformasi atau masa Presiden Soeharto yang mengguncang Indonesia dengan ide ‘Gerakan Riau Merdeka’.

Walau akhirnya pemikiran beliau tersebut tidak mendapat respon baik dari pemerintah pada masa itu.

Gerakan Riau Merdeka

Gerakan Riau Merdeka adalah representasi perlawanan Riau karena merasa kekayaan sumber daya alamnya dirampas oleh pemerintah pusat tanpa mendapatkan haknya juga.

Faktor lain gerakan ini muncul pemicunya adalah krisis politik nasional sebagai akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Gerakan tuntunan bagi hasil minyak antara pemerintah pusat dengan daerah tersebut mendapat respon positif oleh presiden Bj Habibie.

Namun, sampai tenggat waktu ditentukan atau selama dua bulan tuntutan tersebut tidak juga dikabulkan. (kampartrapost)

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler