Taiwan Tunda Misi Pelatihan F-16 Setelah Jet Terjatuh

Taipei, Kampartrapost.com – Angkatan udara Taiwan pada Selasa (11/1/2021) terpaksa menunda pelatihan tempur armada F-16 setelah jet tempurnya jatuh ke laut.

Melansir Reuters, kementerian pertahanan mengatakan F-16V ialah jet yang paling canggih dalam armada Taiwan. Jet tersebut hilang dari radar setelah lepas landas dari pangkalan udara Chiayi, Taiwan.

F-16V pada saat itu digunakan untuk misi pelatihan di atas lapangan tembak pesisir.

Baca juga: Pertama! Ahli Bedah AS Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

Presiden Tsai Ing-wen mengeluarkan sebuah intruksi untuk terus melakukan misi pencarian dan penyelamatan. Intruksi ini bertujuan untuk memperjelas apa penyebab dari kecelakaan tersebut.

Pusat komando pemerintahan mengatakan jika para saksi melihat pesawat jet itu jatuh ke laut. Saat ini sebuah helikopter dan beberapa petugas sedang mencari pilotnya.

Inspektur Jenderal Angkatan Udara Liu Hui-chien mengatakan pesawat itu baru saja menjadi versi “V”, dengan sistem senjata dan avionik baru.

Baca juga: Pertama di Israel, Florona Infeksi Ganda Antara Covid-19 dan Influenza

Pelatihan tempur untuk armada F-16 kini telah di tunda, tambah Liu Hui-chien.

Sementara angkatan udara Taiwan terlatih dengan baik. Ia telah berusaha keras dari berulang kali berebut untuk melihat pesawat militer China dalam dua tahun terakhir. Meskipun kecelakaan itu tidak terkait dengan kegiatan pencegatan ini.

Baca juga: Setelah Lakukan Lockdown Ketat, China Laporkan Lonjakan Penurunan Covid-19 di Xi’an

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler