Takut Omicron, Arab Saudi Izinkan WNA Masuk Kecuali Afrika

Arab Saudi, Kampatrapost.com – Arab Saudi tetap mengizinkan WNA untuk keluar masuk melakukan ibadah kecuali Afrika. Hal ini karena adanya penyebaran varian baru Covid-19 yankni varian Omicron.

Melansir CNN, Riyadh mengatakan jika mereka memperbolehkan WNA masuk ke wilayah kerajaan Arab Saudi namun dengan syarat telah melakukan vaksinasi.

Arab Saudi mengatakan jika para pelancong boleh masuk wilayahnya mulai sabtu depan. Meskipun telah menerima dosis vaksinasi secara lengkap para pelancong tetap harus karantina selama tiga hari.

Baca juga: Varian Covid Terbaru kembali Ancam Dunia, WHO Desak Agar Perketat Kembali Aturan

Selain itu, Arab Saudi kini telah menghentikan sejumlah penerbangan dari 14 negara Afrika seperti Malawi, Madagaskar, Seychelles, Kepulauan Komoro, Zambia, Angola, dan Mauritius.

Selain 14 negara tersebut, Arab Saudi juga menghentikan penerbangan dari Afrika Selatab, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho, dan Eswatini pada Jumat lalu, mengutip CNN.

Pemerintah Arab Saudi melakukan semuan ini untuk mencegah adanya penyebaran varian covid-19 terbaru yakni varian Omicron.

Baca juga: Cegah Varian Botswana, India Perketat Tes Covid bagi Pelancong

Sementara itu, selain Arab Saudi yang dengan cepat menutup akses dari beberapa negara di Afrika, sejumlah negara pun melakukan antisipasi yang sama.

Bahkan saa ini Israel telah melakukan lockdown dan telah melarang WNA masuk demi mencegah penyebaran varian Omicron di Israel.

Varian Omicron ini pertama kali terdeteksi di Afrika. Para ahli mengatakan jika varian Omicron ini cepat melakukan mutasi. Sehingga banyak yang khawatir jika varian ini tidak cukup mempan dengan adanya vaksin Covid-19 yang ada.

Baca juga: Cegah Covid Omicron, Indonesia larang masuk pendatang yang baru dari sejumlah negara Afrika, Afsel kecewa ‘di hukum’ banyak negara

Berita Direkomendasikan

2 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler