Terhantam Angin Kencang, SpaceX Tunda Kepulangan Empat Astronot Setelah 6 Bulan Terbang

Amerika Serikat, Kampartrapost.com – Angin kencang di pantai Florida telah memaksa SpaceX untuk menunda kembalinya empat astronot si orbit sejak enam bulan lalu pada Minggu (7/11/2021).

Melansir Associated Press, astronot AS, Prancis, dan Jepang seharusnya meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Minggu, dengan kapsul mereka jatuh di Teluk Meksiko pada Senin pagi.

Namun, karena adanya angin kencang yang melebihi batas keamanan, SpaceX menunda kepulangan mereka hingga Senin sore. Keempat astronot SpaceX di perkirakan akan kembali ke bumi dan menyelesaikan misi enam bulan mereka pada Senin malam.

Baca juga: Pertama! Hyena di Kebun Binatang Colorado AS Positif Covid

Kabar baiknya adalah bahwa perjalanan pulang mereka sekarang akan memakan waktu delapan jam, kurang dari setengah dari sebelumnya. Saat ini toilet di kapsul mereka rusak, sehingga keempatnya harus bergantung pada popok saat terbang pulang.

Saat ini, SpaceX masih bertujuan untuk kembali melakukan peluncuran Rabu malam, paling awal. Penerbangan ini juga telah tertunda oleh cuaca buruk, serta masalah medis astronot yang dirahasiakan.

Masalah tersebut di gambarkan sebagai masalah kecil yang harus selesai pada waktu peluncuran, kata para pejabat.

Baca juga: Twitter Nonaktifkan Fitur ‘Trend’ di Ethiopia Setelah Adanya Konflik

Pekan lalu, SpaceX dan NASA telah melakukan penjadwalan ulang peluncuran dan pendaratan karena adanya cuaca buruk. Ini juga terkait tenggat waktu yang kian menipis pada kapsul yang kembali dari luar angkasa.

Kapsul SpaceX disertifikasi untuk maksimum 210 hari di orbit, dan yang di atas sana sekarang mendekati 200 hari.

Baca juga: Covid: 60% orang Asia Selatan ‘memiliki gen yang lebih berisiko fatal terhadap virus corona’

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler