Terkait Nama Baru Ibu Kota di Kalimantan, Bappenas: Nusantara Sudah Dikenal Lama

Kampartrapost.com – Nama baru dari ibu kota yang sebentar lagi akan berpindah ke Kalimantan Timur baru-baru ini diungkapkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Adapun panggilan untuk tempat kedudukan pusat pemerintah tersebut adalah Nusantara.

Mulanya nama Nusantara belum diumumkan pada masyarakat lantaran belum diberi tahu oleh kepala pemerintahan Indonesia, Presiden Jokowi.

Namun akhirnya Suharso dapat mengumumkan nama baru bagi ibu kota pada masyarakat.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) pada Senin (17/01/2022).

Suharso menyebutkan bahwa konfirmasi dan perintah dari Presiden baru masuk pada Jumat lalu, sehingga nama Nusantara baru dapat disampaikan.

Baca juga: Terkait Tuntutan Hukuman Mati dan Kebiri pada HW, Komnas HAM: Tidak Setuju

Bukan tanpa alasan, nama Nusantara sendiri diambil karena sudah dikenal oleh masyarakat luas, serta menjadi hal yang unik jika dibawa ke ranah internasional.

“Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional,” ungkap Suharso.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa pemilihan nama Nusantara dilandasi dari pengambaran kenusantaraan yang ada di Tanah Air, yaitu Republik Indonesia.

Nama Nusantara juga dirasa dapat diterima oleh seluruh lapisan di Bumi Pertiwi.

Beralih dari nama baru untuk ibu kota, dari tahun 2022 hingga 2024 mendatang pembangunan infrastruktur utama yang diantaranya adalah Istana Kepresidenan dan Gedung DPR/MPR di ibu kota baru akan segera dilaksanakan.

Baca juga: Tuai Kebingungan Masyarakat, Pemerintah Akan Kembali Ubah Warna Seragam Satpam

Aturan pemindahan ibu kota yang mana saat ini masih berbentuk Rancangan Undang-Undang (RUU) juga tengah diusahakan agar dapa rampung dalam waktu dekat.

Usulan nama Nusantara sendiri sudah lama beredar luas di media sosial. Terdapat masyarakat yang kerap menyuarakan dan meminta pemerintah untuk mengganti nama ibu kota menjadi Nusantara.

Dengan nama baru yaitu Nusantara, diharapkan persatuan dari seluruh pihak di Indonesia dapat terlaksana dengan baik pula.

Seperti nama Nusantara yang digambarkan sebagai pemersatu bangsa.

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Berita Terpopuler