Global Statistics

All countries
649,799,466
Confirmed
Updated on 4 December 2022 10:16 AM
All countries
624,818,072
Recovered
Updated on 4 December 2022 10:16 AM
All countries
6,646,043
Deaths
Updated on 4 December 2022 10:16 AM
Minggu, Desember 4, 2022

Tetapkan Bitcoin Sebagai Mata Uang, Demonstrasi Pecah di Jalanan El Salvador

- Advertisement -

El Salvador, Kampartrapost.com – El Salvador menetapkan bitcoin sebagai mata uang pada Selasa lalu. Hal ini membuat demonstrasi pecah di jalanan El Salvador.

Lebih dari 1.000 orang El Salvador turun ke jalan untuk melakukan protes atas kebijakan pemerintah untuk menjadikan bitcoin sebagai mata uang resmi. Para pengunjuk rasa membakar ban dan menyalakan petasan di depan Mahkamah Agung pada tengah malam di Ibu kota El Salvador.

“Ini adalah mata uang yang tidak akan bekerja untuk vendor pupusa, sopir bus atau pemilik toko,” kata seorang penduduk San Salvador yang menentang adopsi bitcoin. Pupusas adalah makanan tradisional berbasis jagung Salvador.

Baca juga: Zoom dysmorphia: Terlalu Lama Gunakan Zoom mengakibatkan Distorsi Citra Diri
- Advertisement -

“Ini gila! Bitcoin ialah mata uang yang ideal untuk investor besar yang ingin berspekulasi dengan sumber daya ekonomi mereka,” lanjutnya.

Tetapkan Bitcoin Sebagai Mata Uang, Demonstrasi Pecah di Jalanan El Salvador
Domonstrasi El Salvador, 7 September 2021. REUTERS/Jose Cabezas

Demonstrasi ini terjadi ketika pemerintah mencoba mengatasi hambatan teknologi dalam peluncurab hari pertama bitcoin.

- Advertisement -

Sebelumnya pada hari Selasa, orang-orang Salvador mencoba mengunduh aplikasi dompet digital Chivo. Namun sayangnya tidak tersedia di toko aplikasi populer.

Kemudian Presiden El Salvador Bukele mentweet bahwa pemerintah telah mencabut penggunaan Chive untuk sementara. Mereka masih mencoba menangani ini dan menghubungkan lebih banyak server dalam menangani permintaan aplikasi.

Baca juga: Jerman Protes Rusia Untuk Mengakhiri Serangan Siber Pra-Pemilu
- Advertisement -

Aplikasi Chivo lalu muncul di toko aplikasi Apple dan Huawei. Bukele kemudian mengumumkan hal tersebut melalui platform twitter. Ia juga memberi tutorial penggunaan aplikasi Chivo.

Jejak pendapat menunjukkan banyak orang El Salvador waspada terhadap volatilitas cryptocurrency. Hal ini dapat mempengaruhi nilai ratusan dolar dalam sehari. Pandangan ini dianut oleh banyak ekonom yang khawatir akan stabilitas ekonomi terhadap mata uang bitcoin.

Namun, beberapa kalangan menerima hal tersebut dengan senang hati sebagai cara orang biasa di negara miskin dapat berinvestasi.

Bukelele mengatakan menjelang peresmian Bitcoin, El Salvador membeli 400 bitcoin senilai 20 juta dolar. Hal itu membantu mendorong harga mata uang di atas 52.000 dolar untuk pertama kalinya sejak Mei.

Baca juga: Kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang , 41 orang tewas termasuk dua WNA di dalam blok yang ‘kelebihan kapasitas’
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait