The Power of NO! Saatnya Bilang Tidak Buat Jaga Kesehatan Mentalmu

Kampartrapost.com – Apa kamu seorang yang perasa dan cenderung sering merasa ‘gak enakan’ ? Apalagi untuk menolak permintaan orang lain? Memang bukanlah hal yang mudah bagi semua orang perasa untuk tidak mengatakan ‘ya’, meskipun hal itu memberatkan.

Selalu bilang ‘iya’ untuk setiap permintaan orang lain pasti mau tidak mau kamu harus menyediakan waktu dan tenaga lebih demi hal tersebut. Dan kamu tidak menyadarinya bahwa hal tersebut wasting time atau buang-buang waktu saja.

Memang tidak ada salahnya ‘membantu’ orang lain dan mengerjakan tugas mereka saat mereka memerlukan bantuan. Namun, jika hal tersebut kamu lakukan setiap hari dan mulai jadi kebiasaan kamu. Apakah kamu mau double capek berkelanjutan?

Baca juga: WOW! BLACKPINK Ditunjuk Jadi Duta PBB Untuk SDGs

Tentunya kita tidak mau bukan merasakan capek berlebih? Apalagi karena kamu yang ‘gak enakan’ selalu melakukan orang-orang yang minta kamu ini itu. Itu juga bisa menganggu kesehatan mentalmu loh!

Karena kamu yang terus-terusan dimintai bantuan dan gak enak kalo nolak pada akhirnya kamu bakal butuh tenaga ekstra buat penuhin permintaan orang lain.

Mulai sekarang, cobalah buat berkata ‘tidak’ buat hal-hal yang memang bukan prioritas kamu. Bilang tidak buat apa-apa yang memang bukan kewajiban kamu. Dan bilang tidak buat yang menurut kamu tidak perlu.

Kita tidak selalu harus memenuhi ekspektasi orang-orang. Apalagi buat hal-hal yang memang bukan kepentingan kita. Ingat! Kita punya limit masing-masing. Jangan sampai hanya untuk memenuhi ekspektasi dan permintaan orang yang terkadang tidak manusiawi, kamu lupa kamu juga manusia. Yang pasti punya rasa lelah.

Baca juga: China Kembali Terapkan Lockdown Akibat Lonjakan Kasus Covid-19 di Xiamen

Bilanglah tidak pada hal yang menurut kamu memberatkan. Kamu bisa lakuin hal apapun sebisa kamu but don’t push yourself too hard. Kamu tidak harus berusaha buat ‘nyenengin’ orang lain. Apalagi kamu tidak dapat energi yang sama. Malah jatuhnya toxic.

So, mulai sekarang belajarlah bilang tidak. Engga semua hal yang orang lain minta harus kamu penuhin. Mulai belajar love yourself dan lakuin hal apapun yang kamu inginkan dengan mengatakan ‘tidak’ buat hal-hal yang wasting time.

Baca juga: Rencana ratusan negara atasi perubahan iklim dikritik PBB, termasuk Indonesia

Berita Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler