Global Statistics

All countries
650,116,474
Confirmed
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
All countries
608,178,090
Recovered
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
All countries
6,646,979
Deaths
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
Senin, Desember 5, 2022

Tiga Gunung di Alaska Alami Erupsi Semburkan Lava dan Abu Vulkanik

- Advertisement -

Alaska, Kampartrapost.com Tiga gunung berapi terpencil yang teletak di Anchorage, Alaska pada hari Kamis mengalami erupsi dengan tingkat letusan yang berbeda-beda. Salah satu gunung telah menyemburkan lava panas dan dua lainnya menyemburkan abu vulkanik yang menjulang ke langit.

Seorang ahli Geologi di Alaska Volcano Observatory, Chris Waythomas, pada hari Kamis mengatakan dalam sebuah laporan jika sejauh ini tidak ada penduduk yang tinggal di sekitar gunung berapi yang sedang erupsi.

Webcam menunjukkan dengan jelas tingkat emisi aby berada pada titik terendah episodik dari gunung berapi Pavlov. Webcam ini terpasang dibeberapa titik dekat gunung agar memudahkan dalam pemantauan.

- Advertisement -

Alaska Volcano Observatory mengatakan mereka telah meningkatkan status bahaya letusan gunung dari waspada menjadi  siaga.

Baca juga: Zoom Bayar Rp1,23 Triliun atas Gugatan Privasi Pengguna oleh AS

Awan abu vulkanik dengan cepat juga menjulang ke atas setinggi 8.261 kaki atau sekitar 2.518 meter. Kata Waythomas, abu vulkanik dengan tinggi sekitar 9,7 Kilometer mengarah ke arah selatan sebelum menghilang.

- Advertisement -

Waythomas mengatakan bahwa Pavlov gunung berapi yang tidak dapat diprediksi. Letusan bisa saja terjadi tanpa adanya peringatan, karena Pavlov tidak banyak memberikan tanda-tanda sebelum meletus seperti gunung pada umumnya.

Ia menggambarkan puncak gunung Pavlov sebagai gunung berapi dengan sistem terbuka, yang berarti sistem magmatiknya terbuka. Magma dan lava dapat keluar dengan cepat bahkan bisa saja meletus tiba-tiba dan tanpa adanya peringatan.

Baca juga: Virus Kembali Muncul di Wuhan, Pemerintah Cepat Lakukan Pembatasan dan Tes Massal
Pavlov termasuk kedalam stratovolcano yang tertutup salju dan es diujung barat daya semenanjung Alaska, hambir 600 mil dari barat daya Anchorage.
- Advertisement -

Gunung berapi terdekat dari Pavlov adalah Cold Bay, terletak kurang lebih sekitar 35 mil barat daya dari Pavlov. Para ahli menganggap jika Cold Bay sebagai salah satu gunung teraktif yang terletak di Alaska di kepulauan Aleutian.

Pavlov terakhir meletus pada tahun 2016. Letusan itu berhasil menyemburkan awan panas dan abu vulkanik menuju gunung lainnya, Nelson Lagoon.

Baca juga: Temuan BPK: DKI Bayar Gaji PNS Telah Meninggal dan Pensiun
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait