Tips Ampuh Tidur Cepat untuk Kamu yang Suka Ngalong

Kampartrapost.com – Susah tidur dapat terjadi bagi siapa saja. Mulai dari hobi begadang, lebih merasa kreatif di malam hari, bahkan gangguan tidur seperti insomnia dapat jadi sebab mengapa seseorang susah memejamkan mata untuk istirahat di malam hari.

Tidur adalah aktivitas yang sangat perlu untuk tubuh.

Setelah seharian menjalankan tugas dengan maksimal, maka organ-organ tubuh butuh waktu untuk rehat sejenak.

Dengan tidur maka kamu juga bisa isi kembali energi yang sudah habis dipakai dari pagi hingga sore hari.

Anak kecil butuh waktu tidur lebih lama dibandingkan orang dewasa, maka orang tua biasanya mensiasati hal tersebut dengan ajak anak tidur siang.

Baca juga: Ciduk dan Bunuh Pencuri, Seorang Penjaga Gereja Diamankan Polisi

Meski instensitasnya tak sebanyak anak kecil, namun orang dewasa juga butuh waktu tidur yang cukup.

Apalagi untuk mereka banyak aktivitas dan bekerja dari pagi hingga petang, tidur yang cukup adalah kunci dari aktivitas saat waktu kerja.

Tak hanya pada tubuh saja, kurang tidur juga bisa pengaruhi mood jadi lebih buruk.

Berikut adalah cara tidur cepat untuk kamu yang suka ngalong:

1. Tetapkan Jadwal Tidur

Tidur dengan jadwal yang sama setiap harinya akan sugesti tubuh untuk melakukan hal tersebut terus-menerus. Untuk itu kamu bisa atur jadwal tidur, misal jam 22.00, maka kamu harus tidur di jam yang sama setiap hari. Disiplin adalah kunci agar langkah ini dapat jalan dengan baik.

Baca juga: Rakyat Dikurung, WNA Dibebaskan Masuk, Anggota DPRD Riau: Ada apa dengan republik ini

2. Jangan Gunakan Peralatan Elektronik

Untuk kamu yang mau cepat terlelap, langkah selanjutnya adalah jangan gunakan alat elektronik seperti handphone dan sebagainya saat sudah di atas kasur. Pancaran cahaya dari alat elektronik akan membuat kamu terjaga lebih lama, sehingga akan sulit memejamkan mata untuk beristirahat.

Kamu bisa matikan semua peralatan elektronik mulai dari 1,5 jam sebelum naik ke atas kasur, agar punya waktu untuk siap-siap sebelum tidur.

3. Konsumsi makanan berkabohidrat

Langkah selanjutnya untuk cepat tidur adalah konsumsi makanan berkarbohidrat. Jika perut terisi, maka mata akan dengan lebih mudah merasakan kantuk. Namun jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi makanan, karena hal ini akan pengaruhi organ dalam tunuh untuk bekerja lebih berat.

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah salah satu langkah ampuh yang dapat  kamu lakukan jika susah tidur. Setelah mandi badan akan cenderung berasa lebih rileks, apalagi jika pakai air hangat. Maka waktu untuk tertidur juga akan semakin cepat.

5. Kosongkan Pikiran

Kejadian dari pagi hingga petang biasanya tak mudah lepas dari pikiran, sehingga ini jadi salah satu hambatan untuk tidur.

Baca juga: 5 Tanda Orang Mengidap Gangguan Kepribadian Narsistik

Jadi kamu dapat coba untuk kosongkan pikiran saat sudah di atas kasur atau dalam keadaan berbaring, agar otak juga jadi lebih rileks dan badan akan mudah untuk diajak beristirahat.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika alami kesulitan dalam tidur. Semoga dapat langsung diaplikasikan dan ampuh buat diri kamu ya, Sobat Kampartra!

 

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler