Tips Mencangkok Durian Musang King dan Tanaman Lainnya 99% Berhasil

Oleh: Ahmad Wahyudi

Kampartrapost.com – Buah Durian Musang King memang enak dan disukai banyak orang. Tetapi sayangnya harga durian musang king termasuk mahal. Hai itu sesuai dengan nama buahnya yang terkenal dengan sebutan raja buah.

Ini adalah beberapa ciri khas durian Musang King:

1. Memiliki daging yang tebal
2. Rasanya khas
3. Daging buahnya lembut

Bagaimana untuk memiliki Durian Musang King sendiri di rumah? caranya dengan memperbanyaknya bisa dengan menanam lewat biji, mencangkok, okulasi, maupun stek.

Tapi kali ini penulis akan memberi informasi bagaimana caranya mencangkok Durian Musang King 99% berhasil.

1. Langkah pertama adalah pilih pohon durian Musang King yang akan di cangkok. Kupas batang durian Musang King, cari batang yang tumbuh dari batang utama. Sayat pohon durian Musang King sekitar 10 cm dari batang pohon utama.

Kemudian sayat batang pohon sekitar 10 cm, lalu buang lendir kambiumnya dan kemudian keringkan atau diamkan selama 1 hari.

Baca juga: Tips Ampuh Tidur Cepat untuk Kamu yang Suka Ngalong

2. Langkah yang kedua adalah bungkus sayatan pohon durian Musang King dengan tanah, dan tutup dengan plastik dan kemudian ikat hingga rapat sampai plastik tidak bergeser.

Usahakan pada waktu membungkusnya menggunakan tanah, dan sayatan pohon durian Musang King tadi tidak tertutup dengan tanah maupun plastik. Karena bisa mengakibatkan kegagalan dalam pencangkokan.

3. Langkah selanjutnya lakukanlah penyiraman dengan air secara rutin jika tanah mulai kering dan penyiraman tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan batangnya membusuk dan mati.

Baca juga: Tren Eyelash Gandrungi Banyak Peminat dari Berbagai Kalangan Hampir di Semua Usia

4. Tunggu akarnya sampai keluar, kalau sudah keluar jangan langsung di pindah tanam. Tunggu saja sampai akarnya berubah warna menjadi hitam atau coklat. Ketika akar tersebut sudah banyak, maka baru bisa di pindah tanam.

Diantara kelebihan pohon hasil cangkokan adalah sebagai berikut:

1. Pohon akan cepat berbuah sehingga sangat cocok bagi yang ingin memiliki perkebunan
2. Rasa buahnya akan sama seperti induk aslinya. Biasanya kalau menanam pohon dari benih akan memiliki rasa yang berbeda dari induknya.
3. Hemat biaya perawatan karena merawat pohon yang sudah jelas kualitas buahnya.
4. Pohonnya tidak terlalu besar sehingga saat untuk memanennya tidak membutuhkan pengeluara yang besar.

Tips Mencangkok Durian Musang King dan Tanaman Lainnya 99% Berhasil
Proses mencangkok

Diantaranya kekurangan pohon cangkokan adalah umur pohon tidak bertahan terlalu lama atau akan cepat mati.

Mau belajar mencangkok… baca sampai selesai ya…

Cara Mencangkok 99% Berhasil

  1. Siapkan pohon yang akan di cangkok.

Usahakan pohon yang akan di cangkok memiliki kualitas yang baik dan sudah pernah berbuah.

2. Pilih batang yang baik

Usahakan pilih batang yang baik, batang yang baik adalah batang yang dari cabang primer atau cabang utama. Cabang utama adalah cabang atau batang yang memiliki banyak ranting. Dan usahakan batang yang akan di cangkok tumbuh ke atas agar lebih mudah saat membungkusnya.

  1. Kupas batang

Setelah itu, sayat atau kupas batang hingga hilang lendir kambiumnya. Kupas sekitar 10cm dari pohon utama dan panjang kupasan juga kurang lebih 10 cm. Lalu biarkan hingga kering sekitar 1 hari baru bisa di cangkok.

  1. Ikat kupasan tadi dengan tanah

Ini adalah cara yang krusial, biasanya kebanyakan orang gagal mencangkok karena salah saat mengikat. Untuk mengikat yang benar, setelah sayat atau kupas batang, maka tutup kupasan tadi dengan tanah yang sudah di bungkus menggunakan plastik maupun kain dan lain sebagainya kemudian diikat dengan tali.

Baca juga: Candi Muara Takus, Kerajaan Dan Pusat Peradaban Sumatera yang Terlupakan

Perhatikan saat melakukan penutupan dan pengikatan, jangan sampai tutup semua sayatan atau kupasan tadi dengan tanah. Kasih jarak sekitar 2-3 cm, kemudian tutup dengan tanah dan ikat.

Saat pengikatan harus kuat jangan sampai tanahnya goyah. Jika ikatan kurang kuat biasanya cangkokan akan mati maupun hanya keluar benjolan saja, namun tidak keluar akar.

  1. Lakukanlah penyiraman agar tanah selalu basah

Saat melakukan penyiraman jangan sampai tanahnya lembek dengan air karena bisa menyebabkan pohon tersebut busuk dan mati.

  1. Tunggu sekitar 3 bulan atau sampai akarnya berwarna hitam, maka pohon cangkokan bisa di pindah tanam.

Berikut cara pindah tanam ke tanah

Potong pohon tersebut, lalu lepas ikatan dan pembungkusnya. Kemudian siapkan tempat untuk pindah tanam.

Selanjutnya masukkan pohon tersebut ke dalam galian. Setelah itu, tutup dengan tanah dan siram dengan air hingga tanah tertutup rata. Perlu diingat jangan disiram secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan akar busuk dan mati.

Baca juga: Rahasia Diet Cristiano Ronaldo Diungkap Mantan Chef Pribadi, Ini Menunya

Langkah berikutnya beri penyangga pada pohon, agar tidak goyah terkena angin. Dan lakukanlah penyiraman rutin tanpa tanahnya mejadi lembek.

Demikianlah ulasan mengenai tips mencangkok Durian Musang King dan tanaman lainnya 99% berhasil. Semoga ini bisa memotivasi bagi kamu yang menekuni Budidaya Tanaman.

Berita Direkomendasikan

41 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler