Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika


Kampartrapost.com – Sebagai anak muda yang pada umumnya ingin menghabiskan masa remaja dengan membeli apa saja yang disukai dan menerapkan gaya hidup yang hedon. Membuat tidak sedikit remaja Indonesia kurang memahami arti penting dari uang yang mereka dapat atau hasilkan.

Padahal, uang bisa menjadi investasi jangka panjang jika pengguna bijak dalam mengelolanya, sehingga remaja sekalipun bisa memiliki banyak uang meskipun dengan penghasilan yang belum stabil.

Baca juga: Influencer Arief Muhammad Kasih 1 Cabang Usahanya ke Kuli Bangunan yang Dipecat Akibat Tak Pakai Masker

Penulis sekaligus influencer Raditya Dika, mengungkapkan beberapa tips mengatur keuangan yang dapat anak muda terapkan, yaitu:

  1. Belilah barang untuk diri sendiri. Tidak perlu membuat orang lain terkesan dengan sesuatu yang anda beli, yang terpenting adalah anda bahagia dengan itu.
  2. Waktu adalah teman terbaik untuk berinvestasi. Semakin lama seseorang berinvestasi, maka akan semakin besar hasil yang ia dapatkan. Untuk itu sedini mungkin mulailah berinvestasi, karena hasil yang didapatkan semakin lama maka akan semakin besar pula.
  3. Pengeluaran harus lebih sedikit dari pemasukan.
  4. Tidak hutang dan tidak mau memberi hutang. Daripada seseorang meminjam uang kepada anda tanpa ada kejelasan kapan akan dikembalikan, lebih baik jika ada yang meminjang uang mintalah bayaran value atau jasa dari orang tersebut. Sehingga anda tidak perlu terikat lingkaran hutang, yang mana itu menjadi salah satu penyebab terhambatnya kelancaran mengatur uang bagi pengguna.
  5. Bayarlah sesuatu secara cash, walaupun bayarannya 100% setiap bulan
  6. Fokuslah pada penghasilan, bukan gaji. Hal terpenting adalah bagaimana anda menambah penghasilan dengan menelusuri apa keahlian yang dimiliki
  7. Pelajari instrumen investasi dengan tujuan finansial. Investasi dapat dimulai dengan instrumen yang memiliki resiko rendah. Misalnya untuk membeli handphone, maka anda dapat berinvestasi menggunakan instrumen saham
  8. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran. Jangan terkejut dengan uang yang banyak, hindari pemikiran semacam: uang bisa dicari lagi. Jika penghasilan naik, maka pikirkanlah kemungkinan investasi juga lebih banyak, dibandingkan menambah jumlah pengeluaran.
  9. Miliki budget minimal 10% untuk investasi.
  10. Belilah pengalaman, karena rasa bahagia yang didapat lebih berbeda daripada membeli barang. Contohnya seperti ajak makan keluarga dengan uang yang sudah anda dapatkan.
  11. Jika ingin membeli barang, pikirkan cost per use-nya, yaitu jumlah biaya setiap kali anda menggunakan barang yang telah dibeli.
  12. Usahakan sering belanja sendiri, karena biasanya jika berbelanja bersama teman maka akan lebih mudah untuk boros dalam menggunakan uang.
  13. Bayar pajak dan lakukan donasi
  14. Komitmen dan fokus dalam mengatur uang, karena hubungan anda dengan uang adalah hubungan kebiasaan.
  15. Temukan pasangan yang perilakunya sehat terhadap uang, dan komunikasikan sikap anda terhadap uang pada pasangan agar memiliki tujuan yang sama. Maka hubungan yang dibina dapat terhindar dari konflik yang sering terjadi pada umumnya dalam rumah tangga.
Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Positif Covid-19

Itulah 15 tips mengatur keuangan ala Raditya Dika yang dapat kaum milenial terapkan pada zaman sekarang. Sesuai kata pepatah bersakit-sakit dahulu bersenang -senang kemudian.

Jika anda hanya memikirkan kesenangan sesaat dengan uang yang dimiliki dan tidak mau menahan diri dalam mengelolanya, maka kerugianlah yang akan anda dapatkan di masa mendatang.

Namun jika dari usia muda anda sudah pandai mengelola dan mau sedikit bersabar dengan uang yang dimiliki, maka hasil yang akan didapatkan akan sesuai dengan perjuangan anda dalam mengelolanya, dan di masa mendatang hidup akan terhindar dari kesusahan serta menjadi lebih tenang karena pengelolaan uang yang sehat sudah dilakukan.

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler