Tol Bangkinang Koto Kampar Segera Uji Laik Fungsi Sebelum Natal dan Tahun Baru

Kampartrapost – Ruas tol Bangkinang – Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer akan segera memasuki tahap Uji Laik Fungsi saat menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Jalan tol ruas Bangkinang – Pangkalan Tahap 1 ini hanya akan menunggu keputusan resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diperkirakan akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Mengutip dari Riau Pos, Hingga akhir November 2023, progres pembangunan jalan tol yang menjadi bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) seksi Tol Pekanbaru-Padang ini mencapai 88,58 persen dan akan menyelesaikan tahap kontruksinya pada Desember 2023.

Di saat masyarakat sudah mulai bisa menggunakan jalan tol ini, maka perjalanan darat dari Pekanbaru via tol tak hanya akan berhenti sampai di Bangkinang, melainkan bisa dilanjutkan hingga XIII Koto Kampar, tepatnya di Desa Tanjung Alai.

Klik untuk melihat konten Kampartrapost lainnya

Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Bangkinang Jarot Seno menyebut bahwa pihaknya sedang dalam fase menunggu keputusan dari pemerintah pusat melalui kementrian terkait terkait peresmian lajur Tol Bangkinang-Koto Kampar.

“Sebelumnya juga pihak kementrian telah melakukan paparan bersama Komisi terkait di DPR. Untuk hasilnya apakah nanti akan dibuka untuk uji coba (saat Nataru), kita akan menunggu keterangan resmi dari kementerian,” kata Jarot kepada Riau Pos, Jumat (1/12).

Jika jalan tol ini sudah dibuka untuk tahap uji coba, Jarot menambahkan bahwa pihaknya telah menyediakan fasilitas pelayanan dan keamanan yang bisa mendukung kenyamanan penikmat jalan tol.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyebutkan beberapa fasilitas yang perusahaannya telah siapkan, seperti penyediaan alat mobile reader dan top-up asongan untuk menyederhanakan proses transaksi, penerapan sistem holding di rest area Tol Permai, pengadaan enam rest area sementara di Tol Permai dan dua rest area di Tol Pekanbaru–Bangkinang dengan daya tampung 226 kendaraan, serta pemasangan 982 unit CCTV dengan dua arah mata kamera yang dipantau selama 24 jam oleh petugas dan terintegrasi dengan teknologi Intelligent Traffic System (ITS).

Selain itu, Hutama Karya juga berkoordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan setempat di antaranya kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BNPB, pemprov/pemda hingga pihak-pihak relevan lainnya.

“Kami siapkan pelayanan dan keamanan yang terpadu selama Nataru. Bersama dengan pihak kepolisian, kami mendirikan pos pengamanan (Pospam) di beberapa titik selama Nataru yang berada di Gerbang Tol Pekanbaru dan Gerbang Tol Dumai,” kata Tjahjo.

Berita Terkait