TP-PKK Desa Sibuak Laksanakan Pelatihan Daur Ulang Sampah Di Dalang Collection Pekanbaru

Pekanbaru, Kampartrapost.com – Ketua Bidang Perubahan Iklim Pengolahan Limbah Domestik dan Peningkatan Kapasitas – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Daur Ulang Sampah Bagi Ibu-Ibu TP-PKK Desa Sibuak, Tapung, Kampar.

Pelatihan daur ulang sampah ini dilaksanakan di Dalang Collection Pekanbaru selama 2 hari, mulai tanggal 1-2 Oktober 2021.

Dalang Collection Pekanbaru merupakan Bank Sampah dan Sentra Pengolahan Sampah yang telah berdiri sejak tahun 2007 dan telah banyak menerima penghargaan baik dari pemerintah daerah maupun pusat.

Baca juga: Say No To Nervous! Berikut Tips Buat Kamu yang Suka Gugup

Dalam kata sambutannya, Setyo Widodo mengatakan “Pelatihan Daur Ulang Sampah ini sejatinya sangat penting untuk dilaksanakan dan dipelajari oleh masyarakat. Karena pengelolaan dan pengolahan sampah ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah atau dinas terkait, namun harus ada keterlibatan masyarakat serta sentra pengolahan sampah seperti Dalang Collection ini di dalamnya.

Lanjutan kata sambutannya ia menginginkan pengolahan sampah harus sudah dimulai dari lingkungan keluarga.

“Pengelolaan dan Pengolahan sampah juga seharusnya bukan dimulai ketika sampai ditempat penampungan akan tetapi dimulai dari rumah tangga. Sampah sudah harus dipisahkan dan dikelola secara mandiri. 3R, Reuse, Reduce dan Recycle, inilah kuncinya. Jika hal ini telah ditetapkan oleh masyarakat, maka sampah tidak akan menjadi permasalahan yang berulang bagi masyarakat atau pemerintah. Bahkan sampai akan menjadi sarana peningkatan pendapatan dan kualitas hidup bagi masyarakat,” lanjutnya.

Baca juga: Manajer Keamanan Google Digugat Usai Ejek Seorang Karyawan Gay

Dalam kata sambutan yang lain, Kepala Desa Sibuak selaku Pembina TP-PKK Desa Sibuak menyampaikan “Saya berharap kepada ibu-ibu peserta pelatihan daur ulang sampah ini, agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat dan keseriusan. Sehingga setelah selesai pelatihan ini nantinya kita dapat membangun bank sampah dan melakukan pengelolaan dan pengolahan sampah di Desa kita. Karena bagaimanapun kami tidak ingin, dana desa yang telah kita anggarkan untuk mengadakan pelatihan ini menjadi sia-sia. Kami juga berharap setelah bank sampah di desa kita berjalan dan berkembang nantinya akan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa.”

Dalam pelatihan daur ulang sampah ini ibu-ibu TP-PKK Desa Sibuak akan dibekali berbagai macam ilmu pengetahuan mulai dari bagaimana mengelola persampahan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui metode 3R, manajemen bank sampah, pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan ecobrik dan praktek pengelolaan serta pembuatan pupuk kompos dan praktek pembuatan kerajinan dari sampah. (ms)

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Bandara Mopah Bisa Tampung 638 Ribu Orang

Berita Direkomendasikan

2 KOMENTAR

  1. I do agree with all of the ideas you have presented in your post. They are very convincing and will certainly work. Still, the posts are very short for newbies. Could you please extend them a bit from next time? Thanks for the post.

  2. Howdy very nice blog!! Guy .. Beautiful .. Superb .. I’ll bookmark your website and take the feeds alsoKI’m happy to search out numerous helpful info right here within the post, we need work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler