Global Statistics

All countries
646,050,236
Confirmed
Updated on 27 November 2022 8:48 AM
All countries
623,080,376
Recovered
Updated on 27 November 2022 8:48 AM
All countries
6,636,032
Deaths
Updated on 27 November 2022 8:48 AM
Minggu, November 27, 2022

Tuai Banyak Kritik, NATO Janji Percepat Evakuasi Afghanistan

- Advertisement -

Afghanistan, Kampartrapost.com – Tuai banyak kritik atas lambanya penanganan krisis kemanusiaan yang kian meningkat. NATO berjanji akan mempercepat lakukan evakuasi terhadap warga Afghanistan kata NATO pada Jumat (20/8/2021).

Lebih dari 18 ribu orang telah di evakuasi dari ibu kota Afghanistan Kabul sejak Taliban mengambil alih kota tersebut. Ribuan orang yang putus asa dan takut melarikan diri dari negara tersebut dan memadati bandara utama Kabul.

Melansir dari Reuters, Seorang pejabat yang merahasiakan namanya, ia mengatakan jika meskipun Taliban telah menguasai Afghanistan masih banyak warga Afghanistan yang tidak memiliki kartu perjalanan resmi untuk pulang.

- Advertisement -

Kecepatan Taliban dalam menguasai Afghanistan ketika AS dan pasukan asing lainnya menyelesaikan penarikannya. Mereka bahkan membuat pemimpin Afghanistan melarikan diri dan membuat banyak kekososngan kekuasaan di banyak tempat.

Baca juga: Sulitnya Mendapat “Green Pass” Bagi Mahasiswa Asing di Italia

Taliban telah menyerukan persatuannya untuk pertama kalinya sejak mereka merebut kekuasaannya menjelang shalat Jumat. Mereka menyerukan agar para imam besar di masjid menyerukan agar para jamaahnya tidak meninggalkan Afghanistan di tengah kekacauan di bandara, protes dan banyak kekerasan yang berlangsung.

- Advertisement -

Seorang sanksi mengatakan jika beberapa orang telah tewas di kota Timur Asadabad pada hari Kamis. Ketika pasukan Taliban menembaki kerumunan kepada mereka yang setia membela Afghanistan. Hal ini berlangsung ketika Taliban mulai mendirikan sebuah emirat yang berlaku dan telah adanya aturan oleh hukum islam yang ketat.

“Kota kabul sebagian aman. Kecuali disekitar bandara kabul yang mengalami banyak diskriminasi. Di sini sudah ada kasus pembunuhan terhadap 12 warga  sejak Minggu,” kata pejabat tersenyum.

- Advertisement -

Dalam sebuah foto yang beredar di media sosial. Seorang bayi perempuan diangkat ke atas tembok perimeter bandara dan diserahkan kepada seorang tentara AS.

Baca juga: Kisah Mahasiswi Kampar Kuliah di Italia Saat Pandemi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara terkait evakuasi warga Afghanistan pada Jumat pukul 1 siang tadi. Mereka saat ini tengah menghadapi banyak kritik atas penarikan pasukannya. Banyak pihak menilai penarikan tentara AS ini menjadi pemicu atas majunya Taliban di Afghanistan.

Pemerintah Jerman dan Australia juga mengalami seruan untuk mempercepat evakuasi Afghanistan. Percepatan evakuasi ini karena adanya ketakutan akan pembalasan Taliban.

Baca juga: WNI di Afghanistan dievakuasi menuju Indonesia – Taliban berkuasa, ‘seluruh penduduk panik’
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait