Turkmenistan Merayakan Hari Libur Baru Untuk Menghormati Jenis Anjing Asli Asal Negaranya

3
259

TURKMENISTAN, KAMPARTRAPOST.COM – Turkmenistan, negara yang dulu menjadi bagian Uni Soviet, telah menetapkan hari libur nasional baru yang dikhusukan untuk menghormati suatu jenis anjing yang sangat istimewa.

Alabay, itulah nama dari jenis anjing penggembala asli yang sangat dihormati oleh Turkmenistan. Pemerintah mengadakan upacara penghargaan pada hari Minggu (25/04/2021).

Baca juga:

Dengan berat mencapai 80kg (175lbs), mereka adalah salah satu anjing terbesar di dunia.

Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov telah mendukung penghormatan terhadap jenis anjing ini sebagai simbol warisan nasional.

Alabay dan juga adalagi jenis kuda Ahal Teke kuno dianggap sebagai sumber kebanggaan nasional oleh Turkmenistan.

Pada hari Minggu, anjing-anjing itu menjadi pusat perhatian dalam acara-acara yang dirancang untuk memperkuat status budaya luhur Turkmenistan, sebuah negara indah di Asia Tengah.

Salah satu acara di hari itu adalah kompetisi pertunjukan di mana anjing Alabay tampil dan kemudian dinilai berdasarkan penampilan dan ketangkasannya.

Anjing alabay banyak dipelihara oleh banyak penggembala kampung di Turkmenistan.

Anjing ini juga digunakan oleh tantara dalam menjaga perbatasan. Presiden Berdymukhamedov menganugerahi sebuah penghargaan tertinggi kepada seekor anjing yang dengan gagah berani meenjaga perbatasan negaranya.

Dilansir dari BBC, Penghargaan diberikan oleh putra presiden, Wakil Perdana Menteri Serdar Berdymukhamedov yang hadir pada saat upacara pembukaan area baru pembiakan anjing Alabay di Ashgabat.

Tahun lalu, Presiden Berdymukhamedov meresmikan patung emas anjing Alabay setinggi 19 kaki (6 m) di Ashgabat.

Ibukota Turkmenistan ini dihiasi dengan monumen serupa, termasuk patung berlapis emas yang bergambarkan wajah Berdymukhamedov di atas kuda emas.

Presiden yang berkuasa dari tahun 2007 ini secara luas dipandang sebagai penguasa otokratis yang serius dalam membangun kultus kepribadian negaranya.

Baca juga:

Diplomasi Presiden Berdymukhamedov menujukkan kecenderungan beliau untuk menunjukkan identitas Turkmenistan. Ia sering memberikan kuda atau anak anjing kepada para pemimpin negara sahabat.

Dia pernah dikritik akibat perlakuannya yang kurang baik terhadap seekor anjing yang dia berikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Video yang menunjukkan kejadian tersebut pernah viral pada tahun 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini