Twitter Akan Bekerja Sama dengan Situs Berita Internasional untuk Atasi Disinformasi

Kampartrapost.com – Twitter adalah platform media sosial yang berbasis teks yang didirikan di San Fransisco, California, Amerika. Banyak orang di berbagai belahan dunia membagikan informasi di jejaring media sosial ini.

Banyaknya orang yang menggunakan twitter untuk berbagi maupun mendapatkan informasi. Tak jarang beberapa oknum tak bertanggung jawab juga menyebarkan informasi yang salah kaprah atau disinformasi.

Untuk mengatasi adanya disinformasi ini, baru-baru ini aplikasi itu mengumumkan secara resmi pada Selasa (3/8) jika perusahaannya akan bekerja sama dengan dua situs berita internasional terbesar, yakni Reuters dan Associated Press.

Baca juga: Jadi Wasit Olimpiade, Wahyana Tetap Ajar Murid di Gunungkidul

Media-media berita ini diharapkan dapat membantu twitter untuk memberikan konteks dan informasi tentang peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi di seluruh belahan dunia.

Twitter berharap langkah baru yang mereka lakukan nantinya dapat mengurangi dan mencegah adanya penyebaran disinformasi. Mereka akan lebih tegas dalam menghapus konten palsu dan informasi salah di platform.

Mereka juga mengatakan jika bekerja sama dengan dua kantor berita internasional itu nantinya memungkinkan adanya informasi yang akurat dan kredibel tersedia dengan cepat ketika banyak yang memperdebatkan fakta.

“Daripada menunggu berita sampai menjadi viral terlebih dahulu, Twitter akan mengupdate informasi yang sedang berkembang saat ini untuk mencegah adanya penyebaran disinformasi.”

Saat ini, ketika ada berita viral yang menjadi topik pembicaraan hangat yang mungkin bersifat kontroversial, tim kurasi mereka akan segera memberikan informasi yang relevan dari sumber kredibel untuk melawan disinformasi yang berpotensi menyesatkan.

Baca juga: Zoom Bayar Rp1,23 Triliun atas Gugatan Privasi Pengguna oleh AS

Twitter, dalam sebuah postingan blog, mengatakan jika mereka akan meningkatkan program baru yakni kecepatan informasi. Hal ini akan meningkatkan kapasitas Twitter dalam memberikan informasi akurat yang sedang di diskusikan.

Menurut juru biacara perusahaan, ini adalah pertamakalinya secara resmi Twitter bekerjasama dengan kantor berita untuk memberikan keakuratan informasi dalam platformnya.

Tom Januszewski, wakil presiden pengembangan bisnis global AP, menyatakan bahwa kerjasama AP dengan Twitter dan platform media sosial lainnya.

kerjasama ini adalah salah satu bentuk sejarah panjang yang mereka buat untuk menjangkau dan memperluas jangkauan jurnalisme akurat.

“Kami sangat senang dengan skala dan kecepatan AP untuk menambahkan informasi dan konten. Pada platform Twitter yang dapat diakses dengan mudah,“ Kata Januszewski.

Baca juga: Virus Kembali Muncul di Wuhan, Pemerintah Cepat Lakukan Pembatasan dan Tes Massal

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler