Global Statistics

All countries
650,126,734
Confirmed
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
All countries
608,195,021
Recovered
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
All countries
6,646,993
Deaths
Updated on 5 December 2022 2:31 PM
Senin, Desember 5, 2022

Usai Kunjungi Kuil Yasukuni Jepang, China Boikot Zhang Zhehan “Word of Honor”, Kenapa?

- Advertisement -

China, Kampartrapost.comAsosiasi Seni Pertunjukan China pada Minggu (15/8/2021) menyerukan pemboikotan kepada aktor pemain Word of Honor, Zhang Zhehan. Setelah beredar foto dirinya di kuil Yasukuni Jepang yang kontroversial di media sosial. Foto tersebut sekitar pada tahun 2018 dan 2019.

Aktor yang akhir-akhir ini populer setelah memerankan Zhou Zisou dalam Word of Honor ini, memicu kemarahan netizen di media sosial China, Weibo.

Melansir dari Reuters, Kuil Yasukuni ini menjadi simbol militarisme Jepang dan menjadi titik antara konflik Jepang dengan China. Kuil tersebut simbol penghormatan dari korban perang, termasuk 14 pemimpin perang dunia kedua yang mendapat hukuman dari sekutu sebagai penjahat perang.

- Advertisement -

China yang notabene telah menjadi salah satu negara jajahan Jepang selama delapan tahun dari 1937 hingga 1945 merasa tersinggung atas kunjungan Zhang Zhehan ke kuil itu.

Baca juga: Setelah Ditangguhkan, Twitter Kembalikan Akun Pemimpin Oposisi India

“Perilaku buruk aktor Zhang Zhehan sangat merusak perasaan nasional dan membawa pengaruh buruk bagi penonton kelompok remaja dan usia muda. Oleh karena itu, kami menuntut pemboikotan terhadap aktor tersebut. Dengan tidak melibatkannya dalam pekerjaan apapun,” kata asosiasi tersebut dalam sebuah pernyataan Minggu (15/8/2021).

- Advertisement -

Zhang (30) kemudian meminta maaf melalui media sosial China, Weibo pada hari Jumat dengan mengatakan jika dia malu atas ketidaktahuannya mengenai isu sosial tersebut. Namun, People’s Daily, media online China berkomentar jika Zhang Zhehan harus membayar harga mahal atas terlukannya martabat nasional. Komentar ini pun mendapat dukungan penuh dari negara.

Usai Kunjungi Kuil Yasukuni Jepang, China Boikot Zhang Zhehan "Word of Honor", Kenapa?
Zhang Zhehan jadi Brand Ambassador Coca-Cola China

Secara bersamaan 25 perusahaan China yang menjadikan Zhang Zhehan brand ambassador memutuskan untuk pemutusan kontrak secara sepihak. Brand-brand besar tersebut termasuk minuman AS Coca-cola dan toko perhiasan Denmarrk Pandora.

Baca juga: Taliban Mengamuk, Austria Tegas Deportasi Pengungsi Afghanistan
- Advertisement -

Tidak hanya pemutusan kontrak terhadap puluhan brand-brand besar dunia. Zhang juga telah dikeluarkan dari film “Formed Police Unit”. Ini menjadikan karir Zhang sebagai aktor China lenyak seketika. Karena kebodohannya yang tidak mengetahui isu sosial yang sedang berkembang. Juga sejarah tempat ia mengambil foto.

Berita Zhang Zhehan juga telah merangkak naik merajai trending pencarian di media sosial di China.Beberapa netizen bahkan berkomentar jika ini merupakan akhir karir Zhang Zhehan sebagai aktor populer di China.

Baca juga: HUT RI: Siapa manusia Indonesia? ‘Tidak ada pribumi atau non-pri, kita semua pendatang’
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait