Warga Palestina Kembali Di Serang Israel Di Malam Laitul Qadar

PALESTINA, KAMPARTRAPOST.COM – Pada Jumat (7/5/2021)  warga Palestina lebih dari 200 dan setidaknya 17 polisi Israel terluka dalam pertempuran ini, kata petugas medis dan polisi.

Bentrokan kembali terjadi di luar Kota Tua Yerusalem pada Sabtu (8/5/2021) ketika puluhan ribu jamaah Muslim sedang beribadah di Masjid Al-aqsa pada malam suci Lailatul Qadar. Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan setidaknya 90 orang Palestina terluka dan 14 orang dibawa ke rumah sakit.

Pada hari Sabtu bentrokan terjadi kembali di gerbang Damaskus setelah puluhan jamaah berdoa di Masjid Al-aqsa untuk menyambut malam Lailatul Qadar yaitu malam paling suci di bulan Ramadan.

Baca juga: Cerita Ramadhan Mahasiswa asal Kampar di Negeri Dua Nil, Sudan

Pemuda palestina melemparkan  batu, menyalakan api ke arah polisi di Gerbang Damaskus di Kota Tua, petugas polisi merespon dengan kelengkapan senjata seperti granat kejut dan meriam  air.

Terjadi bentrokan kembali seperti yang dikutip dari BBC, Minggu (9/5/2021), Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 80 warga Palestina terluka, termasuk anak dibawah umur. Polisi Israel mengatakan setidaknya satu petugas juga  terluka. Kerusuhan meningkat di Kota  itu atas penggusuran warga Palestina yang diklaim pemukim Yahudi.

Ketegangan kembali muncul di Yerusalem selama bulan suci Ramadhan, bentrokan ini terjadi pada malam hari di Sheikh Jarrah, dimana wilayah tersebut banyak warga Palestina menghadapi pengusiran setelah sekian lama bermasalah dengan hukum.

Baca juga: Covid-19, Pemkab Pelalawan Larang Takbir Keliling

Meskipun tidak diakui oleh beberapa komunitas Internasional, Israel tetap beranggapan bahwa seluruh kota sebagai ibu kotanya, karena telah menduduki Yerusalem Timur sejak perang Timur Tengah pada tahun 1967.

Dilansir dari Liputan6.com “ mereka tidak ingin kita berdoa. Ada perkelahian setiap hari, setiap hari ada bentrokan, setiap hari ada masalah,” kata Mahmoud al-Marbua, 27 tahun, kepada kantor berita Reuters.

Liga Negara-negara Arab telah mengajak kepada komunitas internasional untuk ikut turun tangan dalam mencegah penggusuran paksa.

Mahkamah Agung Israel akan segera menggelar sidang kasus hukum pada senin (10/5/2021).

Baca juga: Dunia Arab Kutuk Polisi Israel Serang Jamaah Palestina di Masjid Al-Aqsa

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler