WHO Kirimkan Bantuan Obat-obatan ke Afghanistan

Internasional, Kampartrapost.comSebuah pesawat yang membawa obat-obatan dan perbekalan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendarat di Afghanistan pada Senin (30/8/2021). Badan kesehatan PBB mengatakan, pengiriman pertama yang masuk sejak negara itu berada di bawah kendali Taliban.

“Setelah berhari-hari bekerja tanpa henti untuk menemukan solusi. Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa kami sekarang dapat mengisi kembali sebagian stok fasilitas kesehatan di Afghanistan. Memastikan bahwa – untuk saat ini – layanan kesehatan yang didukung WHO dapat berlanjut,” Ahmed Al Mandhari, direktur regional WHO untuk Mediterania timur, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Melansir Reuters, WHO telah memperingatkan pada hari Jumat bahwa pasokan medis akan habis dalam beberapa hari di Afghanistan. Mereka mengumumkan bahwa mereka berharap untuk membangun jembatan udara ke kota utara. Mazar-i-Sharif pada saat itu dengan bantuan pihak berwenang Pakistan.

Baca juga: Menghadapi Tekanan China, Taiwan Luncurkan Platform Berita Bahasa Inggris

12,5 ton pasokan yang tiba pada hari Senin terdiri dari peralatan trauma dan peralatan kesehatan darurat. Cukup untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar lebih dari 200.000 orang serta menyediakan 3.500 prosedur bedah dan merawat 6.500 pasien trauma, kata WHO.

Mereka akan dikirim ke 40 fasilitas kesehatan di 29 provinsi di Afghanistan, tambahnya.

Pesawat yang tersedia oleh pemerintah Pakistan itu terbang dari Dubai menuju bandara Mazar-i-Sharif. Itu adalah yang pertama dari tiga penerbangan yang telah mereka rencanakan dengan Pakistan International Airlines (PIA) untuk mengisi kekurangan obat-obatan dan pasokan medis di Afghanistan.

Baca juga: Fosil paus purba berkaki empat yang hidup puluhan juta tahun lalu ditemukan di Mesir

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler