Yuk Mulai Apresiasi Diri agar Tujuan dalam Hidup Mudah Dicapai!

Kampartrapost.com – Apresiasi diri merupakan tindakan yang dilakukan sebagai wujud penghargaan seseorang pada dirinya sendiri. Banyak alasan bagi manusia melakukan apresiasi diri, salah satunya adalah untuk merayakan atau mewujudkan impian yang sudah dan ingin dicapai.

Bentuk penghargaan pada diri sendiri itu juga dapat dilakukan bersama lingkungan sekitar, terutama keluarga. Apresiasi pada ruang lingkup terkecil seperti keluarga pula dapat dilaksanakan mulai dari pemberian ucapan terima kasih, yang mana merupakan kata mudah dan dapat diucapkan setiap saat.

Salah satu aktor Indonesia Indra Brasco mengungkapkan tentang bagaimana cara menikmati perayaan atas suatu hal bersama keluarga.

“Perayaan itu akan tidak nikmat kalau seandainya kita tidak berbagi dengan orang-orang yang kita sayangi, contohnya sama istri dan anak-anak. Memberi apresiasi seperti sesuatu hal yang kecil saja ke istri atau anak, begitu mereka melakukan sesuatu kita ucapkan terima kasih, ” terang Indra dalam konferensi pers virtual, dilansir dari ANTARA, Jumat (4/3/2022).

Memberi apresiasi baik pada diri sendiri ataupun orang lain tidak perlu harus mengeluarkan dana yang besar atau dengan barang mewah, karena hal paling penting dalam pemberian penghargaan tersebut adalah dengan nilai.

Baca juga: Polisi Aceh Tingkatkan Status Hukum Kasus Dugaan Korupsi Wastafel ke Tahap Penyidikan

Nilai yang dimaksud adalah bentuk apresiasi yang tak akan lekang oleh waktu dan dapat diingat dalam jangka waktu yang lama.

Seseorang dapat melakukan apresiasi bahkan sebelum mencapai sesuatu yang ingin didapat. Bentuk penghargaan berupa self love itu dapat meningkatkan semangat serta membuka peluang agar apa yang dituju dapat tercapai dengan mudah.

Sebagai contoh, seorang siswa akan melaksanakan ujian. Ia pun melakukan upaya agar mendapatkan hasil yang memuaskan dengan belajar.

Siswa tersebut dapat melakukan apresiasi diri sebagai tanda terima kasih pada dirinya yang sudah bekerja keras.

Penghargaan yang dilakukan bisa seperti membeli makanan atau barang kesukaan untuk menambah semangat.

Baca juga: Kecelakaan Bus dan Truk di Surabaya Memakan Korban Tewas hingga Tiga Orang

Paling penting adalah mengucapkan terima kasih dan merasa puas dengan diri yang sudah berusaha semaksimal mungkin.

Dengan begitu, siswa tersebut tak akan takut dengan ujian yang sudah berada di depan mata karena merasa bersyukur dan bangga atas dirinya yang sudah bekerja keras, terlepas dari hasil yang akan didapat nantinya.

Berita Direkomendasikan

Berita Terpopuler