Global Statistics

All countries
647,611,736
Confirmed
Updated on 30 November 2022 5:30 PM
All countries
624,310,074
Recovered
Updated on 30 November 2022 5:30 PM
All countries
6,639,221
Deaths
Updated on 30 November 2022 5:30 PM
Kamis, Desember 1, 2022

Kerjasama Turki – Azerbaijan Resmi Terbit Dalam Lembaran Negara

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Turki dan Azerbaijan lakukan kerja sama di bidang pendidikan, transportasi, komunikasi dan keamanan pangan. Menurut berita resmi Turki yang terbit hari Kamis, 8/7/2021 mengatakan negara itu telah mengesahkan protokol sesi kesembilan Komisi Gabungan Antar pemerintah Turki-Azerbaijan untuk Ekonomi.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay dan Perdana Menteri Azerbaijan Ali Asadov telah menandatangani pengesahan protokol itu di Ankara, 19/2/2021.

Dalam protokol ini, Turki dan Azerbaijan telah sepakat untuk memperluas kerja samanya di banyak bidang. Bidang tesebut seperti pendidikan, keamanan pangan, transportasi, dan komunikasi. Sebagai bagian dari protokol, Turki akan mendukung Azerbaijan dalam memulihkan dan mengembangkan daerah-daerah yang telah bebas dari pendudukan Armenia.

Baca juga: Turki Ungkap Kesedihan yang Mendalam atas Terbunuhnya Presiden Haiti
- Advertisement -

Selain perihal protokol kerja sama, kedua negara ini tersebut telah menandatangani empat nota kesepahaman. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di bidang pelatihan vokasi, transportasi, dan teknologi informasi, akreditasi, dan produk makanan halal.

Hubungan antara bekas Republik Soviet di Armenia dan Azerbaijan telah tegang sejak tahun 1991.

- Advertisement -

Dalam konflik yang meledak pada September lalu dan berakhir dengan kesepakatan 10 November, Azerbaijan membebaskan beberapa kota hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia selama hampir tiga dekade. Gencatan senjata merupakan kemenangan bagi Azerbaijan dan kekalahan bagi Armenia, yang angkatan bersenjatanya mundur sesuai kesepakatan.

Baca juga: Euro 2020: Muncul Petisi Minta Inggris vs Denmark Diulang
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait