Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Kampartrapost.com – Makanan khas Minangkabau selalu berhasil menggugah selera bagi siapa saja yang akan menyantapnya. Karena identik dengan cita rasa yang pedas dan bumbu yang melimpah serta kaya rasa.

Variasi bumbu dengan dominan rasa pedas itu sendiri bersumber dari bermacam rempah khas Indonesia yang menjadi bahan utama pembuatannya. Itulah yang membuat masakan Padang menjadi favorit banyak kalangan, terutama pecinta pedas.

Berikut makanan khas Minangkabau yang bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang bertamasya ke Sumatera Barat, ataupun referensi menu yang bisa menyantapnya bersama keluarga.

1. Rendang

Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis makanan yang satu ini. Rendang atau randang merupakan masakan olahan daging asli yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Rendang dimasak menggunakan suhu rendah dalam waktu lama dengan aneka rempah dan juga santan.

Baca juga: Pendapat Erick Thohir Telkomsel Rilis Logo Baru

Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama (sekitar empat jam) agar menghasilkan dedak yang hitam pekat dan rasa daging yang nikmat. Rendang dapat dikonsumsi hingga berminggu-minggu jika disimpan dalam suhu ruangan.

Rendang dapat anda temui di berbagai tempat, terutama di Rumah Makan Padang. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan terenak di dunia yang sudah teruji kenikmatannya.

2. Sate Padang

Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Sate Padang merupakan makanan yang cukup populer dan wajib menyantapnya jika mengunjungi Sumatera Barat, terutama kota Padang. Tidak hanya menggunakan bahan dasar daging, sate Padang juga biasanya menggunakan lidah, atau jerohan sapi sebagai bahan baku.

Ditambah dengan kuah merah atau kuning dengan cita rasa pedas, membuat hidangan ini semakin nikmat ketika menyantapnya.

3. Gulai Itiak

Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Beralih dari Sate Padang, makanan khas Minangkabau selanjutnya yang wajib di santap adalah Gulai Itiak. Makanan khas Minang satu bisa anda cicipi, terutama jika mengunjungi Koto Gadang Agam, Bukittinggi. Pembuatan gulai itik adalah menggunakan bahan dasar itik muda yang dibakar terlebih dahulu, dan di berikan beragam bumbu seperti cabai laos, cabe keriting hijau, kunyit, jahe, daun jeruk, daun kunyit, dan daun salam.

4. Dendeng Balado

Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Dendeng Balado merupakan makanan yang selalu anda jumpai jika mengunjungi Rumah Makan Padang. Hidangan ini berbahan dasar daging sapi yang telah dipotong tipis, dikeringkan, lalu digoreng sampai matang.

Baca juga: Serial Animasi Star Wars Libatkan Tujuh Studio Anime Jepang

Sentuhan terakhir yang menjadi pemikat santapan ini tentunya bumbu balado (tumisan cabe) diatas daging, dan pastinya akan memperkuat cita rasa.

5. Nasi Kapau

Makanan Menggugah Selera yang Wajib Disantap Saat Mengunjungi Ranah Minang

Belum sah rasanya mengunjungi Sumatera Barat kalau belum menikmati makanan yang satu ini. Yap, nasi kapau atau yang orang sering menyebutnya nasi campur merupakan menu yang menjadi pilihan pelancong jika mengunjungi bumi Minangkabau. Nasi kapau berisi nasi, sambal, lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka, gulai cancang, gulai tunjang, gulai babek, dan campuran lainnya sesuai selera.

6. Soto Padang

Makanan khas Minangkabau satu ini lebih enak menyantapnya ketika cuaca mendung atau hujan. Soto Padang penyajiannya bersama irisan daging sapi kering bihun, kuah kaldu sapi, dan perkedel kentang sebagai pelengkap.

7. Asam Pedas

Makanan yang sering orang menyebutnya dengan asam padeh ini merupakan makanan khas Minang yang berbahan dasar ikan yang bumbunya dengan asam jawa, cabai, juga rempah-rempah lainnya. Menyantap asam padeh cocok lebih nikmat saat makan siang karena rasa ikan yang kaya dan mengenyangkan.

Nah, itu dia daftar makanan khas Minang yang bisa anda santap ketika mengunjungi Sumatera Barat. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua ya, terutama pecinta pedas yang akan memanjakan lidah dengan makan-makanan yang menggugah selera.

 

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler