AS & Taliban Buat Kesepakatan Rahasia di Afghanistan, Ada Apa?

Afghanistan, Kampartrapost.comKelompok penguasa Taliban dan Militer Amerika Serikat (AS) telah membuat sebuah kesepakatan rahasia. Kesepakatan tersebut berisi tentang perlindungan Taliban kepada warga AS yang berda di bandara Kabul.

Melansir CNN, menurut dua sumber terpercaya Taliban dan Militer AS telah membuat sebuah posko bersama. Di posko ini nantinya Taliban akan memeriksa dokumen warga. Apabila sekiranya layak, mereka akan diarahkan menuju ke tempat beberapa militer AS berjaga.

Kesepakatan rahasia ini telah berjalan selama beberapa hari. Salah satu pejabat AS mengatakan bagaimana skema evakuasi warga yang akan bermulai di Kantor Kementrian Dalam Negeri Afghanistan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses evakuasi warga AS di Afghanistan.

“Ada gerbang rahasia,” kata pejabat itu pada Rabu (1/9/2021).

Para pejabat tersebut menyebut bahwa pihak AS terus bekerja sama dan para pejabat senior telah beberapa kali menekankan bahwa Taliban telah berkomitmen untuk memberi jalan yang aman bagi warga AS. Akan tetapi AS tidak mempublikasikan hal ini karena khawatir bagaimana tanggapan Taliban serta ancaman kelompok teroris ISIS-K.

Baca juga: Tentara Amerika Serikat Kasih Makanan Mengandung Babi ke Warga Afghanistan

Sebenarnya selama beberapa tahun AS telah memiliki kontak militer dan diplomatik dengan Taliban. Hubungan ini terjalin melalui pembicaraan politik dan upaya dalam mengakhiri konflik. Akan tetapi pengaturan evakuasi rahasia anatara kelompok militan dan militer AS.

Sampai saat ini belum diketahui apakah kunjungan ini terkait dengan kunjungan pemimpin Taliban, Abdul Ghani Baradar. Ketika pasukan militer AS sedang berjuang melakukan evakuasi udara.

AS telah menyelesaikan evakuasinya secara resmi dan meninggalkan Afghanistan pada Senin (30/8/2021). Dengan setidaknya 122 ribu orang telah di evakuasi dari bandara Internasional Hamid Karzai sejak Juli.

Baca juga: ‘Demam misterius’ membunuh puluhan anak dalam seminggu, bagaimana bisa terjadi?

Berita Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler