Yapari, Wadah Gotong Royong Anak Muda yang Ingin Studi ke Luar Negeri

Bangkinang Kota, Kampartrapost,com – Yapari (Yayasan Pengkaderan Anak Riau) merupakan salah satu lembaga yang menjadi tempat informasi bagi anak-anak muda di Riau yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri.

Pengurusan yang diemban oleh Yapari sendiri menyangkut soal pendanaan, info beasiswa serta hal-hal yang berhubungan dengan keberangkatan pemuda Riau yang ingin bersekolah di luar negeri.

Yapari, Wadah Gotong Royong Anak Muda yang Ingin Studi ke Luar Negeri
Fitra Waldi Yusri, anak muda Riau yang studi di Portugal

Yayasan ini didirikan sejak tahun 2017 oleh Calon Mahasiswa Luar Negeri Riau yang mayoritas berasal dari Kabupaten Kampar.

Berawal dari niat baik yang ingin membantu keberangkatan para kader keluar negeri, hingga menjadi wadah bagi mereka yang ingin mendonasikan dana untuk para kader melalui infaq dan wakaf. Yapari sendiri memiliki 2 (dua) keanggotaan dalam struktur yayasannya.

Baca juga: Pesawat Misterius ‘Bocor’ di Tiktok China

Yang pertama adalah struktur yayasan dan yang kedua yaitu anggota aliansi ATNIG (The Next International Generation) keanggotaan inilah yang bertugas dalam menghimpun para calon mahasiswa luar negeri yang dinaungi langsuung oleh Yapari.

Keanggotaan Atnig sendiri sudah tersebar di berbagai negara lain dan telah mampu menyempurnakan perwakilan Indonesia untuk 12 Kabupaten dan kota di Riau.

Yapari, Wadah Gotong Royong Anak Muda yang Ingin Studi ke Luar Negeri
Lita Atfal, anak muda Riau yang lanjiut studi di Italia

Ilham Afandi, adalah salah satu orang penting di Yapari ini. Ia merupakan ketua sekaligus yang paling senior diantara CEO founder lainnya, sehingga ia ditunjuk sebagai ketua pertama pada saat itu. Ia mengatakan bahwa tidak dapat menolak usulan para CEO pada saat itu kepada dirinnya.

“Sebenarnya saya tidak mau dan keberatan juga, karena harus mengemban amanah yang sangat besar, tapi saya tidak bisa mengelak karena pada saat itu saya lah yang paling senior disana dan memang harus memberi arahan kepada mereka untuk Yapari kedepannya,” ungkap Ilham kepada kampartrapost, Jum’at (18/9/2021).

Ilham juga menegaskan bahwa Yapari untuk saat ini bukanlah lembaga penyalur beasiswa pada umumnya, namun hanya sebagai wadah informasi bagi muda-mudi yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Yang mana keinginan ini juga termasuk ke dalam cita-cita besar Yapari sendiri.

Yapari, Wadah Gotong Royong Anak Muda yang Ingin Studi ke Luar Negeri
Junaidi Firdaus, anak muda Riau yang studi di Kazakhstan

Di dalam Yapari banyak pihak yang terlibat, seperti pemerintah, perusahaan, masyarakat bahkan media. Hal ini tentunya mempermudah pergerakan Yapari dalam mewujudkan mimpi anak muda bangsa Indonesia khususnya di Riau dalam bidang pendidikan ke luar negeri.

Baca juga: Penularan Covid-19 di Negara Tetangga, Filipina Ambil Alih Posisi Malaysia

Adapun kegiatan yang diadakan oleh Yapari sendiri, jauh sebelum pandemi ialah rutin megadakan rapat koordinasi, pengarahan berkas, sosialisasi, menjalin kerjasama dengan institusi terkait yang digelar secara online.

Hal itu dikarenakan para pengurus Yapari tersebar diseluruh penjuru dunia. Beberapa kegiatanpun ditambahkan selama pandemi ini, seperti diadakannya kursus beberapa bahasa secara gratis untuk persiapan ke beberapa negara tujuan anggota Scholastic Assesment.

Yapari, Wadah Gotong Royong Anak Muda yang Ingin Studi ke Luar Negeri
Tiara Darmayanti, anak muda Riau yang studi di Prancis

Yapari kedepannya berharap mampu menjaring kader-kader terbaik, berkualitas serta unggul. Berkualitas dalam menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan dari berbagai penjuru dunia. Yapari juga berharap kepada para kader yang dinaungi oleh Yapari, mampu mendedikasikan dirinya untuk Indonesia terutama Riau.

Sehingga tercipta kader-kader yang memiliki attitude dan mampu berkontribusi pada komunitas. Selain visi dan misi, Yapari juga bercita-cita kedepannya mampu menjadi inkubator sekaligus wadah aspirasi yang bisa merangkul anak-anak muda Riau dalam segala bidang tanpa orasi dan tindak kekerasan. Yang mana sasaran dari Yapari sendiri adalah pengembangan SDM generasi muda.

Selanjutnya Ilham juga mengajak anak muda untuk jangan berhenti menghasilkan karya-karya dan temuan baru.

“Teruslah berkarya dan menemukan terobosan baru. Pecahkanlah persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Kita harus saling bahu-membahu, karena dengan bersama apapun yang kita kerjakan akan menjadi rahmat,” kata Ilham memberi motivasi untuk anak muda.

Dia juga menyampaikan agar jauhi sifat-sifat negatif yang membuat rugi diri sendiri serta tetap sabar dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang ada.

“Jauhilah iri, dengki dan perpecahan, apalagi bagi sesama kita. Rugi rasanya jika setiap ada orang kita yang bagus. Selalu ada upaya-uoaya untuk menjatuhkannya,” tutup Ilham.

(na)

Berita Direkomendasikan

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler