Global Statistics

All countries
650,116,474
Confirmed
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
All countries
608,178,090
Recovered
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
All countries
6,646,979
Deaths
Updated on 5 December 2022 1:31 PM
Senin, Desember 5, 2022

Menghadapi Tekanan China, Taiwan Luncurkan Platform Berita Bahasa Inggris

- Advertisement -

Taiwan, Kampartrapost.comTaiwan meluncurkan platform streaming berita dan media baru berbahasa Inggris pada Senin (30/8/2021). Platform ini bertujuan untuk memberikan suara yang lebih besar di panggung dunia. Selain itu, membantu mengatasi pemerasan Beijing atas pulau yang China klaim.

Taiwan+, mendapat dukungan dari T$775 juta ($28 juta) dalam pendanaan pemerintah. Platform ini akan menyiarkan konten online yang berfokus pada berita, serta fitur tentang Taiwan, mulai dari makanan dan pariwisata hingga budaya dan teknologi.

Presiden Tsai Ing-wen, dalam pesan yang direkam ke pesta peluncuran di museum Taipei, mengatakan Taiwan membutuhkan platform untuk menyoroti keragaman pulau itu, pencapaian demokrasi, dan aspirasi untuk berkontribusi kepada komunitas internasional.

Baca juga: Diduga Terlibat ISIS, Dua Warga Malaysia Ditangkap Taliban
- Advertisement -

“Ini adalah platform media internasional kami sendiri, bagian penting dari upaya kolektif kami untuk menunjukkan apa yang ditawarkan Taiwan,” katanya.

Berdirinya Taiwan+ datang pada saat China semakin aktif dalam media berbahasa Inggris, menyampaikan pandangan Partai Komunis yang berkuasa kepada audiens luar, terutama melalui saluran berita berbahasa Inggris televisi pemerintah China Global Television Network, atau CGTN.

- Advertisement -

China juga menekan ruang internasional Taiwan, termasuk memaksa perusahaan asing untuk menyebutnya sebagai bagian dari China di situs web mereka dan secara rutin melakukan latihan militer di dekat pulau itu.

Baca juga: Taliban Bersiap Bentuk Kabinet Baru Setelah Evakuasi AS Berakhir

Ketua parlemen You Si-kun mengatakan Taiwan harus mampu menceritakan kisahnya sendiri dan menghadapi kesalahpahaman yang timbul karena adanya China.

- Advertisement -

“Untuk waktu yang lama, Komunis China telah menekan ruang internasional Taiwan dan menciptakan citra palsu Taiwan. Hal ini karena mengarah ke tantangan diplomatik yang dihadapi Taiwan sekarang,” kata You.

“Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perubahan dramatis dalam cara dunia melihat Komunis Tiongkok. Negara-negara demokrasi besar di seluruh dunia sekarang meningkatkan kewaspadaan atas kebangkitan Tiongkok,” tambahnya.

Taiwan telah memiliki beberapa media berbahasa Inggris domestik. Yang paling menonjol adalah Taipei Times. Berdiri pada 1999 dan telah terbit oleh sirkulasi massa Liberty Times.

Baca juga: China larang PR dan ujian tertulis untuk murid kelas satu dan dua SD
- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait