Global Statistics

All countries
648,931,066
Confirmed
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
All countries
624,949,189
Recovered
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
All countries
6,643,618
Deaths
Updated on 2 December 2022 9:55 PM
Sabtu, Desember 3, 2022

Menggeret Nama Politisi Hingga Pemimpin Di Seluruh Dunia, Apa Itu Pandora Papers?

- Advertisement -

Kampartrapost.com – Sejumlah nama politisi hingga pemimpin dunia tercantum dalam Pandora Papers. Pandora Papers sendiri berisi bocoran laporan finansial dan beberapa kesepakatan bisnis yang mengungkap kepemilikan aset dan perusahaan cangkang untuk menggemplang pajak.

Pandora Papers terkuak pada hari Minggu (3/10/2021) dan berhasil mengungkap ratusan politisi yang berdasarkan pada dokumen yang bocor ke International Consortium of Investigatibe Journalism (ICIJ) dan mengungkap transaksi raja, pemimpin dan politisi dunia, termasuk Raja Yordania Abdullah II, PM Ceko Andrej Babis hingga Mentri Luhut Binsar Pandjaitan.

Apa Pandora Papers itu?

- Advertisement -

Melansir Al Jazeera, Pandora Papers merupakan sebuah dokumen yang berisi bocoran dana finansial dari 14 agen perusahaan cangkang di negara suaka pajak. ICIJ memperoleh bocoran data hampir 3 terabite itu dari sumber anonim. Bersama 600 jurnalis dan 150 outlet media yang membantu menyaring hampir 11,9 juta file rahasia yang bocor.

Baca juga: Menyerah! Selandia Baru Akui Tak Bisa Singkirkan Virus Corona
- Advertisement -

Pandora Papers memuat aset rahasia, kesepakatan bisnis dan kekayaan tersembunyi dari pejabat dan miliarder, termasuk 30 pemimpin dunia.

Selain pemimpin dan pejabat dunia, Pandora Papers juga menampilkan data narapidana, bintang sepak bola, hingga pesohor yang mendirikan perusahaan cangkang di negeri bebas pajak.

Menggeret Nama Politisi Hingga Pemimpin Di Seluruh Dunia, Apa Itu Pandora Papers?
336 politisi yang terlibat dalam Pandora Papers. -Al Jazeera
- Advertisement -

Siapa Saja yang terlibat?

  1. Raja Yordania Abdullah II

Raja Yordania Abdullah II diduga telah menggunakan rekening luar negeri untuk menghabiskan lebih dari 100 juta dolar untuk membeli rumah mewah di Inggris dan AS.

2. Keluarga dan rekan Presiden Azerbeijan Ilham Aliyev

Dalam laporan tersebut, Presiden Azerbaijan diam-diam sudah terlibat dalam transaksi properti di Inggris senilai ratusan juta dolar AS.

3. Perdana Mentri Ceko

PM Ceko menurut Pandora Papers ia memiliki perusahaan cangkang yang di gunakan untuk membeli sebuah puri senilai 22 juta dolar AS di selatan Prancis.

4. Presiden Kenya

Presiden Kenya dituduh bersama dengan 6 anggota keluarganya telah memiliki jaringan 11 perusahaan cangkang secara diam-diam. Salah satu asetnya senilai 30 juta dolar AS.

Baca juga: Fumio Kishida Resmi Jadi PM Baru Jepang Hari Ini!

5. Perdana Menteri Pakistan

Dalam dokumen Pandora Papers PM Pakistan Imran Khan dan juga anggota keluarganya diam-diam memiliki perusahaan cangkang dan perwalian yang memegang jutaan dolar.

6. Presiden Rusia

Presiden Rusia, Vladimir Putin tidak di sebutkan secara langsung dalam Pandora Papers. Namun, ia secara tidak langsung di hubungkan melalui rekanan ke aset rahasia di Monako.

7. Presiden Ukraina

Menurut Pandora Papers, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tepat sebelum dia terpilih sebagai presiden Ukraina pada 2019, ia mengalihkan sahamnya ke sebuah perusahaan cangkang rahasia.

Baca juga: Korban Reynhard Sinaga dalam kasus ‘pemerkosaan terbesar’ di Inggris angkat bicara: ‘Untuk bisa bicara bahwa saya telah di perkosa adalah hal sulit’

8. Perdana Menteri Inggris

PM Inggris Tony Blair dan istrinya menurut Pandora Papers telah membeli sebuah bangunan senilai 8,8 juta dolar AS di London.

9. Shakira, Schiffer dan Tendulkar

Selain politisi, tokoh masyarakat dan pemimpin dunia yang di sebut dalam Pandora Papers. Penyanyi Kolombia Shakira, supermodel Jerman Claudia Schiffer dan pemain kriket legendaris India Sachin Tendulkar juga termasuk dalam nama di Pandora Papers.

Selain itu, masih banyak politisi dan pejabat dunia yang telah di ungkap oleh ICIJ dalam kebocoran Pandora Papers.

- Advertisement -

Rekomendasi untuk Anda

Berita Terkait